Penjualan TV Digital Alami Peningkatan Sampai 100 Persen Lebih Karena Kebijakan Pemerintah Soal Switch Off TV Analog

Pameran elektronik
Dua orang pengunjung Java Mall Semarang melintas di pameran elektronik yang digelar Toko Modern Electronics.

Semarang, Idola 92,6 FM – Menjelang tutup tahun, permintaan akan TV digital mengalami peningkatan cukup drastis dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Sejumlah toko elektronik di Kota Semarang, mengakui permintaan akan TV digital mengalami peningkatan dibanding bulan sebelumnya.

Pemilik Toko Elektronik Modern Indrawati mengatakan pada pertengahan November awal Desember 2022 kemarin, permintaan akan TV digital cukup ramai dan booming. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di sela pameran Modern Electronics di Atrium Java Mall Semarang, Rabu (21/12).

Indrawati menjelaskan, akibat dari meningkatnya permintaan akan TV digital itu membuat tokonya kekurangan stok. Hal itu terjadi, lantaran para vendor atau diler TV tidak siap akan meningkatnya permintaan akan TV digital.

Menurutnya, masyarakat harus rela menunggu untuk bisa mendapatkan TV digital. Momentum pameran elektronik yang diadakan menjelang akhir tahun ini, bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mendapatkan produk elektronik.

“Akhir-akhir ini yang lagi ramai itu TV, karena kemarin itu awal Desember TV analog kan dimatikan. Jadinya, permintaan akan STB yang buat nangkap siaran TV digital ramai sekali. Yang TV digital juga laku kencang sampai kehabisan,” kata Indrawati.

Sementara itu Koordinator Sales Polytron untuk Modern Electronik David mengakui, jika belakangan ini permintaan akan TV digital di masyarakat cukup tinggi. Mencapai 300 persen permintaan akan TV digital, dan sejumlah toko elektronik mengaku kesulitan dalam memenuhi calon pembeli.

David menjelaskan, satu toko saja mampu melayani permintaan seribuan unit TV digital dalam sehari. Banyak produk TV digital yang dibuat Polytron, dan disebut banyak dicari masyarakat guna bisa menonton siaran TV digital.

Menurutnya, produk yang ditawarkan cukup beragam sesuai keinginan calon konsumen dan segala ukuran tetap dicari masyarakat. Bahkan, produk Set Top Box (STB) buatan Polytron juga laris manis di pasaran.

“STB kebetulan memang permintaan sudah dari dulu sudah tinggi. Bulan ini kita sudah jual 20 ribu unit, per hari ini dari awal bulan,” ucap David. (Bud)

Artikel sebelumnyaBulog Jateng Serap 115 Ribu Ton Beras Petani Tahun Ini
Artikel selanjutnyaStok Beras BULOG Jateng Aman Jelang Akhir Tahun
Wartawan senior Radio Idola Semarang.