Penuhi Kebutuhan Rumah Dinas Anggota, Akpol Bangun Wisma Wirasatya 96

Pembangunan Wisma Wirasatya 96
Gubernur Akpol Irjen Pol Suroto (jongkok) saat meletakkan batu pertama tanda dimulainya pembangunan Wisma Wirasatya 96.

Semarang, Idola 92,6 FM – Akpol berupaya memenuhi kebutuhan rumah dinas atau tempat tinggal bagi anggota, yang belum memiliki asrama. Sebab, saat ini masih ada 30 persen anggota yang tinggal di luar komplek Akpol.

Gubernur Akpol Irjen Pol Suroto mengatakan kebutuhan rumah dinas atau tempat tinggal bagi anggota yang bertugas di komplek kawah candradimuka pencetak calon perwira itu makin terbatas. Pernyataan itu dikatakan usai peletakan batu pertama Wisma Wirasatya 96 di komplek Akpol, Jumat (14/10).

Suroto menjelaskan, setiap tahun memang selalu terjadi penambahan anggota atau pejabat baru di lingkungan Akpol. Sementara, ketersediaan asrama di komplek Akpol tidak mengalami penambahan.

Saat ini, jumlah asrama di komplek Akpol ada 400an unit sedangkan anggota yang berdinas ada 900an orang.

Menurutnya, kebutuhan rumah dinas yang mendesak itu bisa disiasati dengan pembangunan mess atau wisma. Saat ini, sedang dirancang pembangunan Wisma Wirastya 96 dengan tiga lantai dan memiliki 30-38 kamar lengkap dengan perabotnya.

“Ini adalah merupakan fasilitas tempat tinggal berupa wisma, kurang lebih nanti ada 30-38 kamar. Dan ini betul-betul dibutuhkan Akademi Kepolisian. Karena banyak anggota yang baru datang tidak ada tempat tinggal tidak bisa kita tampung. Dengan adanya wisma ini, bisa menambah tempat tinggal bagi anggota,” kata Suroto.

Wakapolda Sulawesi Utara Brigjen Pol Jhonny Edison Isir menambahkan, sebagai perwakilan alumni Akpol 96 pihaknya bersama seluruh angkatan memiliki tanggung jawab moral terhadap almamaternya.

Sehingga, sebagai bentuk kepedulian itu pihaknya melalui Yayasan Wira Bhakti Alumni Wirasatya 96 berinisiatif membantu Akpol dalam penyediaan tempat tinggal bagi anggota atau pejabat di lingkungan lembaga pendidikan perwira itu.

“Anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp6,5 miliar dan ini murni bantuan dari Yayasan Wira Bhakti Alumni Wirasatya 96. Harapannya, wisma ini bisa digunakan sebaik-baiknya bagi seluruh anggota yang berdinas di Akpol,” ujar Isir.

Lebih lanjut Isir berharap, kontribusi yang diberikan bisa membawa kesejahteraan bagi seluruh anggota kepolisian. Khususnya, yang sedang berdinas di Akpol dan belum memiliki tempat tinggal. (Bud)