Pesantren Bawang Terima Bantuan PLTS

PLTS atap
PLTS atap yang dipasang di Pondok Pesantren Tanbihul Ghofilin di Desa Mantrianom di Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara.

Semarang, Idola 92,6 FM – Pondok Pesantren Tanbihul Ghofilin di Desa Mantrianom di Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara menerima bantuan peralatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dari Pemprov Jawa Tengah. Bantuan itu mulai dikerjakan pada September 2022, dan saat ini sudah beroperasi.

Ketua Ponpes Tanbihul Ghofilin, Ahmad Muhid mengatakan sejak adanya bantuan peralatan PLTS yang terpasang itu, pihaknya mampu berhemat pengeluaran kebutuhan listrik sebesar 40 persen per bulannya. Hal itu dikatakan saat ditemui di pondok, baru-baru ini.

Muhid menjelaskan, bantuan peralatan PLTS dari pemprov itu terpasang di struktur bangunan atas. Sedangkan energi listrik yang dihasilkan, bisa mencapai 10 ribu Kwh.

Menurutnya, daya listrik yang dihasilkan itu bisa digunakan untuk kebutuhan seluruh kegiatan santri di pondok.

“Kami sudah bisa merasakan adanya manfaat dari hasil tenaga surya yang kami pasang. Untuk sebelumnya kami ada pembayaran listrik yang harus dikeluarkan antara Rp2,4 juta sampai Rp2,6 juta per bulannya. Setelah adanya pemasangan PLTS kami hanya membayar Rp1,2 juta,” kata Ahmad

Muhid lebih lanjut menjelaskan, energi listrik yang dihasilkan dari PLTS berguna untuk menyalurkan air. Sebab, kebutuhan air di pondok cukup besar dan dibutuhkan seluruh santri.

“Energi listrik dari PLTS kami gunakan untuk menghidupkan pompa menyedot air ke atas buat kebutuhan para santri. Mulai dari wudlu, mandi dan lain sebagainya,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaMenyoroti Rencana Pemerintah yang Akan Menghapus Total Kelas BPJS Menjadi Kelas Standar
Artikel selanjutnyaPLN Siapkan Tim PDKB Go Internasional
Wartawan senior Radio Idola Semarang.