PGN Grup dan HCML Tingkatkan Keandalan Pasokan Gas Bumi di Wilayah Jateng-Jatim

Jaringan pipa gas
Pekerja PGN memastikan jaringan pipa gas tetap aman dan terjaga.

Semarang, Idola 92,6 FM – PGN dan Pertagas Niaga menandatangani kesepakatan bersama jual beli gas (KB) dengan Husky-CNOOC Madura Limited (HCML), selaku penggunaan pasokan gas dari pengembangan lapangan MDA-MBH-MDK (3M).

Hal itu dilakukan, dalam rangka meningkatkan keandalan pasokan gas bumi di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Lapangan 3M direncanakan mulai berproduksi pada pekan ketiga Oktober 2022.

Direktur Utama PGN Haryo Yunianto mengatakan pihaknya menyambut baik HCML dalam pengembangan lapangan 3M, dengan rencana penyaluran 5-25 MMSCFD.

Haryo menjelaskan, penyaluran gas dari HCML lapangan 3M dapat memenuhi kebutuhan gas pelanggan di wilayah Jateng-Jatim dan sekitarnya.

Termasuk, meningkatkan keandalan pelayanan PGN kepada pengguna gas bumi.

Menurutnya, kerja sama diharapkan dapat memberikan value creation bersama.

“PGN Grup secepatnya dapat segera menjalankan operasinya. Semoga kami dapat menjangkau peluang tersebut dan kami akan melakukan beberapa developing teknologi dan market, agar sumber yang sudah ada bisa disuplai ke seluruh dunia,” kata Haryo.

Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Heru Setiawan menambahkan, dalam kesepakatan bersama itu Subholding Gas Grup menjadi multibuyer dan siap mendukung HCML dalam pemanfaatan gas bumi Lapangan 3M.

Yakni, dengan menyalurkan gas bumi bagi pelanggan di wilayah Jateng-Jatim.

“Apa yang dilakukan hari ini adalah sebuah langkah penting dan signifikan dalam upaya menyalurkan gas bumi bagi Indonesia,” ujar Heru

Sementara itu, Executive Manager HCML Wahyudin Sunarya menyatakan kesepakatan pemanfaatan Lapangan 3M dengan PGN menjadi momentum baik untuk investasi.

“Ke depannya, PGN dan HCML akan terus bekerja sama dalam utilisasi pengembangan Lapangan HCML di Jawa Tengah dan Jawa Timur,” uvap Wahyudi. (Bud)

Artikel sebelumnyaBukan Bangun Charge Station, Tapi Ini Yang Digarap Pertamina Untuk Kendaraan Listrik
Artikel selanjutnyaMengenal Supardi, Perintis Sanggar Bale Ade di NTB
Wartawan senior Radio Idola Semarang.