Polda Jateng Amankan Piala Presiden 2022 di Solo

Irjen Pol Ahmad Luthfi
Irjen Pol Ahmad Luthfi, Kapolda Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Polda Jawa Tengah mengamankan gelaran Piala Presiden 2022, yang dihelat di Stadion Manahan Surakarta mulai 11 Juni sampai 27 Juni 2022. Polda Jateng juga menyediakan sejumlah layar lebar di beberapa titik di kawasan Stadion Manahan, guna mengantisipasi penumpukan dan kerumunan massa.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan Solo, terdapat 10 pertandingan pada babak penyisihan Grup A. Dalam Grup A terdapat tim Persis Solo, PSIS Semarang, Dewa United, Persita Tangerang dan PSS Sleman. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di Stadion Manahan Solo, kemarin.

Kapolda menjelaskan, Stadion Manahan Solo mampu menampung 20 ribun penonton dan kepolisian hanya mengizinkan diisi 75 persen dari total kapasitas atau hanya sekira 15 ribu penonton saja. Penonton yang akan datang ke Stadion Manahan, bisa membeli tiket secara online dan tidak ada layanan penjualan tiket di stadion.

Menurutnya, pihak kepolisian sudah berkoordinasi dengan panitia pelaksana untuk tetap patuh terhadap protokol kesehatan.

“Untuk pengamanan kita menggunakan pengamanan secara berantai, ada 850 personel kita gerakkan. Termasuk diback up dari satuan samping, yaitu TNI dan ada BKO polda. Itu semua kita laksanakan sebagai role model barang kali ke depan sepak bola akan kita gelar yang dimulai dari Solo,” kata kapolda.

Lebih lanjut kapolda menjelaskan, setiap penonton yang datang melihat pertandingan Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan Solo sudah menjalani dua kali vaksin COVID-19. Tujuannya, untuk pencegahan dan menghindari adanya kasus COVID-19 di saat pelaksanaan Piala Presiden 2022.

“Nanti penonton juga dicek aplikasi PeduliLindungi sebelum masuk ke Stadion Manahan,” pungkasnya. (Bud)