USAID Perluas Akses Air Minum Aman di Jateng

Jeffrey Cohen
Jeffrey Cohen, Mission Director USAID Indonesia. (Photo/Istimewa)

Semarang, Idola 92,6 FM – USAID membuat program USAID IUWASH Tangguh, dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat akan air bersih. Utamanya, dalam mencapai akses air minum aman bagi 1,5 juta masyarakat Indonesia dan sejuta orang mendapatkan akses sanitasi aman.

Mission Director USAID Indonesia Jeffrey Cohen mengatakan USAID IUWASH direncanakan akan bekerja di Jawa Tengah, dengan menyasar delapan kabupaten/kota yang dibidik dalam program USAID IUWASH Tangguh.

Jeffrey menjelaskan, program USAID IUWASH Tangguh akan fokus pada bantuan yang sifatnya teknis. Kegiatan tersebut, juga diharapkan bisa menjangkau masyarakat untuk mendapatkan akses air minum dan sanitasi yang aman. Saat ini, memang targetnya masih aman belum layak karena untuk mengejar target RPJMN 2020-2024 serta target SDGs 2030.

Ipal Komunal
Ipal Komunal. (Photo/Istimewa)

Menurutnya, program itu mulai dijalankan pada April 2022 kemarin untuk lima tahun mendatang.

“Saat ini USAID bekerjasama dengan pemerintah dan mitra kami, untuk meningkatkan layanan dan pengobatan bagi pasien TBC serta membantu mahasiswa Indonesia mendapatkan akses pendidikan berkualitas tinggi di Amerika Serikat. Termasuk meningkatkan pengelolaan sampah, mengurangi polusi plastik dan memperluas akses layanan air minum dan sanitasi aman,” kata Jeffrey.

Jeffrey Cohen, Mission Director USAID Indonesia:

Lebih lanjut Jeffrey menjelaskan, pihaknya juga akan membantu pemerintah daerah dalam memastikan data risiko dan langkah respon dalam pendekatan pasokan air aman.

“Jadi, kita lebih banyak meningkatkan kapasitas dari PDAM atau operator air limbah dan juga masyarakat. Sehingga, mereka bisa mendapatkan akses air minum yang aman,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaPerpres Strategi Nasional Penghapusan Kekerasan Anak, Bagaimana Mengawal Pelaksanaannya?
Artikel selanjutnyaMengenal “Molisel”, Sepeda Motor Listrik Kreasi Siswa SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara