1.349 Polisi Disebar ke Seluruh RW di Semarang

Kombes Pol Irwan Anwar
Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar memberi penjelasan soal penutupan akses jalan menuju Simpang Lima, Senin (21/6) malam.

Semarang, Idola 92,6 FM – Polrestabes Semarang menyebar 1.349 personel kepolisian, untuk berdinas di lingkungan RW di Kota Semarang.

Ribuan personel yang disebar itu, sebagai bagian dari program Polri RW Polrestabes Semarang.

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar mengatakan ribuan personel yang disebar itu, melekat pada level tingkat RW di seluruh Kota Semarang. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di Mapolrestabes, kemarin.

Irwan menjelaskan, gagasan pembentukan Polisi RW muncul melalui program kapolri yang didasari pada beberapa faktor.

Beberapa dasar program tersebut, bertujuan untuk mengotimalkan interaksi petugas kepolisian lebih interaktif dan lebih mendekatkan kepada masyarakat.

Menurut Irwan, tugas Polisi RW antara lain melakukan interaksi yang konsisten dengan masyarakat untuk membangun good impression.

Kemudian mendengarkan dan menampung serta menerima aduan warga di tingkat RW.

“Kinerja Polisi RW diharapkan juga bisa menambah kolaborasi dengan tiga pilar yang ada di Sota Semarang. Lurah, babinsa dan bhabinkamtibmas bersama tokoh-tokoh masyarakat yang ada pada wilayah masing-masing,” kata Irwan.

Lebih lanjut Irwan menjelaskan, Polisi RW juga disinergikan dengan kentongan digital yang berguna untuk mengkomunikasikan atau forum diskusi di tingkat RW.

Personel yang bertugas sebagai Polisi RW, masuk di grub komunikasi dalam fitur kentongan digital untuk menampung dan memecahkan permasalahan bersama dengan warga.

“Diharapkan untuk kentongan digital ini diunduh satu penghuni rumah tangga. Melalui fitur kentongan digital bisa digunakan warga Kota Semarang sebagai sarana menyampaikan dengan cepat informasi kepada aparat pemerintah mana kala ada permasalahan yang perlu kita selesaikan bersama,” pungkasnya. (Bud)