Abah Awam, Pahlawan Lingkungan dari Desa Cibuntu Kuningan Jawa Barat

Abah Awam
H. Awam atau yang biasa akrab dipanggil Abah Awam, Kepala Desa Cibuntu Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Pada Oktober 2023 nanti, Abah Awam akan purna menjabat sebagai kepala desa, setelah tiga periode.(Dok Awam)

Kuningan, Idola 92.6 FM – Kepala desa satu ini berbeda dengan kepala desa pada umumnya. Tak hanya mengurus persoalan pemerintahan di desanya, ia juga ikut turun tangan menyelamatkan lingkungan di wilayahnya dari ancaman penambang liar.

Sosok itu adalah H. Awam atau yang biasa akrab dipanggil Abah Awam, Kepala Desa Cibuntu Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Baru-baru ini ia mendapat penghargaan Kalpataru 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI (KLHK) pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Abah Awam
Kedutaan Amerika Serikat berkunjung ke Desa Wisata Cibuntu.(Dok ig pesonacibuntu)

Penghargaan khusus diberikan KLHK berkat dedikasinya menyelamatkan lingkungan tempat tinggalnya dari penambangan liar galian pasir serta mengembangkan jejaring ekowisata di Desa Cibuntu Kabupaten Kuningan.

“Sejak 2016, sudah dapat penghargaan,”tutur Abah Awam kepada radio Idola, pagi (20/09) tadi. Ia menambahkan, banyak penghargaan yang diterima setelah desanya bisa menyetop aksi penambangan galian C tersebut. Termasuk dinobatkan sebagai salah satu desa wisata terbaik 2021 kategori desa wisata inspiratif oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Kampung Kambing Desa Wisata Cibuntu.(Dok ig pesonacibuntu)
Kampung Kambing Desa Wisata Cibuntu.(Dok ig pesonacibuntu)

Lalu penghargaan apa saja yang diraih?

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama H. Awam, Kepala Desa Cibuntu Kabupaten Kuningan Jawa Barat. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaPelemahan Ekonomi Global Mulai Berdampak ke RI, Bagaimana Langkah Mitigasinya?
Artikel selanjutnyaPertamina Patra Niaga JBT Lakukan Pelepasliaran 297 Penyu Lekang  di Cilacap