Akankah Starlink Menjadi Game Changer yang Membuat Era Internet Murah dan Berkecepatan Tinggi di Indonesia?

Starlink

Semarang, Idola 92.6 FM – Elon Musk telah membangun perusahaan Starlink, dan sekarang dia akan membuka layanan bagi Masyarakat Indonesia melalui: PT Starlink Services Indonesia. Starlink, proyek satelit orbit rendah milik Elon Musk tersebut telah mengajukan izin operasi ke Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Direktur Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Kemenkominfo Denny Setiawan menegaskan hal itu saat menghadiri diskusi ”Lelang Spektrum 700 MHz dan 26 GHz, Upaya Mendorong Penetrasi 5G”, Senin (13/11) lalu di Jakarta. Menurutnya, teknologi yang dimiliki oleh Starlink memiliki kelebihan. Dengan begitu, maka ekspansi Starlink akan semakin membuat persaingan semakin ketat di pasar internet Indonesia.

Starlink merupakan layanan internet yang dimiliki oleh SpaceX. Layanan ini memanfaatkan satelit yang mengorbit di bumi rendah untuk memberikan akses internet berkecepatan tinggi di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Starlink akan menyediakan akses internet berkecepatan tinggi ke daerah-daerah yang sebelumnya sulit dijangkau. Proyek ini menggunakan sekelompok ribuan satelit kecil yang berada dalam orbit rendah bumi.

Lalu, akankah starlink menjadi game changer yang membuat era internet murah dan berkecepatan tinggi di Indonesia??

Untuk memperoleh gambaran atas persoalan ini, radio Idola Semarang berdiskusi dengan narasumber, Pengamat Teknologi dan Direktur Eksekutif ICT Institute, Heru Sutadi. (her/yes/ao)

Simak podcast diskusinya: