Bagaimana Memenangkan Hati dan Pikiran Gen Z dalam Kontestasi Pemilu 2024?

Gen-Z
Ilustrasi/Istimewa

Semarang, Idola 92.6 FM – Hasil Sensus Penduduk 2020, jumlah generasi Z di Indonesia adalah yang terbesar mencapai 75,49 juta jiwa atau 27,94 persen dari total populasi. Sedangkan kelompok terbesar kedua adalah generasi milenial dengan jumlah 69,38 juta jiwa atau 25,87 persen.

Dalam Daftar Pemilih Tetap di KPU, gabungan keduanya mencapai lebih dari 113 juta, atau 56,45% dari seluruh jumlah pemilih di Pemilu 2024.

Maka, bisa dikatakan, untuk bisa sukses dalam mendulang suara di Pemilu 2024 mau tak mau kita harus memenangkan pikiran (mindshare) dan hati (heartshare) mereka dengan memahami karakteristik kedua generasi itu.

Lalu, bagaimana memenangkan hati dan pikiran Gen Z dalam Kontestasi Pemilu 2024? Apa strategi dan trik yang mesti dilakukan agar mereka mau datang ke TPS dan menggunakan hak suaranya?

Untuk memperoleh gambaran atas persoalan ini, radio Idola Semarang berdiskusi dengan narasumber Pengamat Politik/ Guru Besar Ilmu Pemerintahan Universitas Diponegoro Semarang, Prof. Budi Setiyono. (her/yes/ao)

Simak podcast diskusinya:

Artikel sebelumnyaMembaca Komunikasi Politik Di Balik Pidato Politik Pertama Gibran Rakabuming Raka di Panggung Politik Nasional?
Artikel selanjutnyaFT Tegal Jaminan Pasokan BBM Tetap Lancar