Dorong Branding Desa Global, Mahasiswi Universitas Diponegoro Beri Pelatihan Digital Dictionary  

Patia Atalian Fastabilla (tengah) bersama perangkat Desa Sidorejo, kabupaten Wonogiri

Semarang, Radio Idola 92,6 Fm – Sebagai upaya mendorong branding desa global, mahasiswi Universitas Diponegoro Semarang, memberikan pelatihan penggunaan kamus digital kepada perangkat  Desa Sidorejo, Kabupaten Wonogiri.

Pelatihan yang dilaksanakan  Kantor Kepala Desa Sidorejo pada senin (31/7/2023) lalu tersebut,  mengangkat tema “Pelatihan Digital Dictionary dengan Reliable Source untuk Branding Desa Global,”

Patia Atalian Fastabilla, selaku pemateri utama mengatakan, program ini diharapkan bisa memberikan pemahaman tentang penggunaan kamus digital yang terpercaya serta memberikan pengetahuan yang bermanfaat terkait pilihan kamus yang baik.

“Peserta pelatihan diberikan penjelasan tentang perbedaan penting antara Kamus Digital dan Kamus Konvensional, yang membantu mereka memahami kelebihan penggunaan kamus digital,” ujar Patia

Pada pelatihan yang merupakan bagian dari program kerja kuliah kerja nyata(KKN) tersebut,  para perangkat desa juga diberikan edukasi tentang cara memilih kamus digital yang sumbernya terpercaya, sehingga mereka dapat membedakan kamus yang baik dari yang kurang akurat.

“kami juga  memberikan panduan praktis tentang cara menggunakan kamus digital secara efektif.” kata Patia

Selain kamus digital, kata Patia pihaknya juga memberikan pelatihan dalam menggunakan Grammar Checker untuk membantu meningkatkan kualitas bahasa Inggris mereka. Selain itu mereka diajarkan tentang teknik dasar parafraasa dalam bahasa Inggris, yang berguna untuk merestruktur kalimat atau teks tanpa mengubah maknanya.

“ kami juga memberikan contoh nyata penggunaan kamus digital, GrammarChecker, dan teknik parafraasa dalam konteks kehidupan sehari-hari,” pungkasnya

Program pelatihan ini diakhiri dengan pembagian poster berisi tips untuk memilih kamus digital yang tepat, sehingga peserta dapat mengaplikasikan pengetahuan yang baru mereka peroleh secara efektif.

Melalui program ini,  perangkat desa diharapkan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang penggunaan kamus digital yang terpercaya serta kemampuan bahasa Inggris yang ditingkatkan. Program ini secara positif dapat berkontribusi pada upaya branding Desa Globalbagi Desa Sidorejo. (tim)