Gandeng 10 Perbankan, BI Jateng Beri Layanan Penukaran Uang Jelang Lebaran

Penukaran uang di mobil layanan
Masyarakat saat melakukan penukaran uang di mobil layanan keliling milik KPw BI Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah menggandeng 10 perbankan, untuk melayani penukaran uang menjelang Lebaran bagi masyarakat.

Penukaran uang bisa dilakukan melalui kantor cabang perbankan, maupun layanan mobile di sejumlah tempat termasuk rest area jalan tol Trans Jawa di wilayah Jateng.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng Rahmat Dwisaputra mengatakan pihaknya bersama perbankan, memberikan layanan penukaran uang menjelang Lebaran kepada masyarakat. Hal itu dikatakan di sela kick off Serambi Rupiah di halaman kantor BI Jateng, Senin (27/3).

Rahmat menjelaskan, masyarakat bisa melakukan penukaran uang dengan batasan setiap hari per orang adalah Rp3.800.000 mulai pecahan Rp20 ribu sampai Rp2 ribu.

Penukaran uang dilakukan, setelah masyarakat mendaftar di aplikasi Pintar BI yang ada di situs resmi Bank Indonesia.

Menurut Rahmat, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng pada Lebaran tahun ini menyediakan uang kartal sebanyak Rp28,1 triliun untuk wilayah Jateng-DIY.

Jumlah itu diakui ada kenaikan sebesar 11 persen dari tahun sebelumnya.

“Kita sudah masuk endemi dan PPKM sudah dicabut. Tentu kebutuhan meningkat, tidak hanya selama Ramadan tapi juga Lebaran ada peningkatan. Jadi kami menyediakan layanan penukaran uang bekerja sama dengan 10 perbankan.

Lebih lanjut Rahmat menjelaskan, pihaknya menyediakan uang yang layak edar dan dalam jumlah cukup.

Layanan penukaran dilakukan mulai 27 Maret hingga 18 April 2023 mendatang.

“Penukaran dapat dilakukan di 95 layanan titik penukaran. Tidak hanya di kantor cabang tapi juga di pasar dan pusat perbelanjaan,” pungkasnya. (Bud)