Harga Cabai Rawit Turun di Awal Puasa

Semarang, Idola 92,6 FM – Pedagang cabai di Pasar Johar Semarang mengaku, menjelang Ramadan harga cabai rawit merah turun dari Rp70 ribu per kilogram menjadi Rp65 ribu per kilogram.

Turunnya harga cabai rawit merah itu, dikarenakan sepinya pembeli di awal puasa.

Salah satu pedagang besar di Pasar Johar, Galuh mengatakan cabai yang dijualnya itu dipasok dari sentra penghasil cabai di wilayah Temanggung maupun Magelang. Hal itu dikatakan saat ditemui di tempat jualannya, Kamis (23/3).

Galuh menjelaskan, salah satu faktor lain turunnya harga cabai rawit merah juga dipengaruhi kondisi pasar yang sepi.

Masih banyak pedagang yang memilih tetap bertahan di lokasi relokasi Pasar Johar di kompleks Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT).

Menurut Galuh, akibatnya masyarakat kebanyakan berbelanja di lokasi lama dan tidak berpindah ke Pasar Johar sekarang.

“Pasarnya yang sepi dan mau menjelang puasa biasanya turun. Semuanya serentak turunkan harga. Kalau mau Lebaran harganya belum tahu ini, stoknya banyak atau sedikit. Puasa ini setiap hari kulakan tujuh kuintal,” kata Galuh.

Lebih lanjut Galuh menjelaskan, untuk cabai merah teropong masih di harga Rp30 ribu per kilogramnya.

Sedangkan cabai rawit putih dihargai Rp17 ribu per kilogram, dan cabai rawit hijau Rp18 ribu per kilogram serta cabai merah keriting seharga Rp25 ribu per kilogram.

“Harganya kecuali rawit merah masih stabil semua. Setiap hari kita stok ada terus dan mudah-mudahan selalu tersedia,” pungkasnya. (Bud)