Jalan Sambiroto Butuh Dilebarkan Kembali

Jalan Sambiroto
Simpul ketersendatan di Jalan Sambiroto yang belum dilebarkan menjadi bottle neck ketidaklancaran arus lalu lintas.

Semarang, Idola 92,6 FM – Salah satu wilayah yang saat tengah berkembang karena banyaknya perumahan adalah di Kecamatan Tembalang, terutama di bilangan Sambiroto.

Kawasan permukiman berkembang cukup pesat, akibatnya pertumbuhan penduduk juga makin meningkat.

Dampak yang dirasakan Jalan Sambiroto Raya sebagai akses utama menuju ke Jalan Kedungmundu Raya atau Jalan Fatmawati semakin padat dan terjadi kemacetan.

Simpul kemacetan terjadi di sekitar pertigaan Jalan Sambiroto Raya dengan Jalan Elang Raya.

Saat pagi hari waktu aktivitas berangkat bekerja atau sekolah, kawasan tersebut selalu terjadi kepadatan cenderung macet.

Hal itu diakui Rosa warga Rumpun Diponegoro, yang harus ekstra sabar saat akan berangkat bekerja melintas di pertigaan Jalan Elang Raya dengan Jalan Sambiroto Raya.

Rosa yang mengaku bekerja di bidang properti itu harus mengingat potensi kemacetan terjadi pada pukul berapa di pagi hari, maupun saat sore akan pulang kerja.

“Saya harus berangkat lebih pagi kalau tidak ingin kena macet, mas. Terutama itu di pertigaan antara Jalan Elang Raya dan Jalan Sambiroto Raya,” kata Rosa, Jumat (31/3).

Hal senada juga dikatakan Diana warga Perumahan Sendangmulyo.

Menurutnya, Jalan Sambiroto Raya terasa lebar hanya sampai di depan resto cepat saja Mc Donald saja.

Sedangkan dari arah selatan atau mulai dari arah Muktiharjo hingga pertigaan Jalan Elang Raya dan Jalan Sambiroto Raya belum dilebarkan.

Diana menyebut, saat terjadi antrean panjang mendekati pertigaan Sambiroto dengan Elang Raya itu dirinya mencari jalur alternatif.

Jalan yang dipilih adalah Jalan Salak arah ke Jalan Berlian, kemudian nanti tembus di Jalan Elang Raya.

“Biasanya dari jauh sudah terlihat kalau itu macet panjang di lampu merah. Apalagi kalau malam itu panjangnya luar biasa, jadi lewat jalan kampung saja,” ucap Diana.

Baik Rosa maupun Diana sepakat, Jalan Sambiroto Raya hingga pertigaan dengan Jalan Elang Raya itu bisa dilebarkan sama dengan Jalan Sambiroto ke arah pertigaan Jalan Kedungmundu Raya.

Harapannya, masyarakat sekitar yang lewat di Jalan Sambiroto Raya tidak terus menerus dibayangi dengan kemacetan panjang setiap berangkat maupun pulang kerja. (Bud)