Jaring Atlet Muda Berbakat, Ribuan Pesilat Ikuti Kejurnas di Semarang

Kejurnas Semarang Pencak Silat Open Championship 2023
Dua atlet silat muda saat bertanding di kejurnas Semarang Pencak Silat Open Championship 2023 yang digelar di GOR USM mulai 10-12 November.

Semarang, Idola 92,6 FM – Sebanyak 2.472 pesilat dari berbagai daerah di Indonesia, mengikuti Semarang Pencak Silat Open Championship 2023 yang digelar di GOR USM mulai 10-12 November.

Ribuan pesilat yang berlaga di nomor tanding dan seni itu terdiri dari 909 pesilat kategori usia dini, 943 praremaja, 414 remaja dan 216 dewasa.

Ketua IPSI Kota Semarang Joko Santoso mengatakan kejurnas yang digelar, merupakan kegiatan rutin tahunan. Hal itu dikatakan usai membuka
Semarang Pencak Silat Open Championship 2023 di GOR USM, Jumat (10/11).

Menurut Joko, Semarang Pencak Silat Open Championship 2023 merupakan ajang pertandingan yang ditunggu masyarakat dan juga para pesilat Tanah Air.

Joko menjelaskan, melalui kejuaraan Semarang Pencak Silat Open Championship 2023 diharapkan muncul atlet muda potensial.

Harapannya, regenerasi atlet silat di Semarang akan terus berlanjut seiring kejuaraan yang intens dilakukan.

“Tahun kemarin ada 1.500an peserta, tapi di tahun ini meningkat menjadi 2.400an. Kami berharap, kegiatan ini bisa memberikan tempat kepada para atlet untuk menerapkan teknik yang telah mereka latih,” kata Joko.

Joko mengaku optimistis, Kota Semarang bisa terus menyumbangkan atlet ke level nasional sampai Internasional dengan intens mencari bibit atlet silat setiap tahunnya lewat kejurnas .

“Saat porprov kemarin, Semarang dapat empat emas, tiga perak dan tiga perunggu,” jelasnya.

Sementara itu Ketua KONI Kota Semarang Arnaz Andrarasmara menambahkan, silat menjadi cabang olahraga potensial di Kota Semarang yang memiliki prestasi membanggakan.

Menurut Arnaz, pemetaan menjadi penting untuk mengantisipasi saat ikut kejuaraan di tahun-tahun mendatang.

“Saya sangat senang karena kegiatan ini bagian dari upaya mencari bibit atlet silat potensial. Dengan keikutsertaan pesilat dari banyak daerah menjadi peta atlet dari daerah lain,” ujar Arnaz. (Bud)