Mengenal Gerakan Mengajar Desa bersama Gardian Muhammad

Gardian Muhammad
Gardian Muhammad, founder sekaligus Chief Executive Officer GMD dari Cianjur Jawa Barat.(Dok ig)

Cianjur, Idola 92.6 FM – Untuk mewujudkan pendidikan yang lebih baik, sosok asal Cianjur Jawa Barat ini menggagas Gerakan Mengajar Desa (GMD). Bersama pemerintah dan masyarakat, sejak tahun 2018, ia berjuang untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi warga sekitar.

Sosok itu adalah Gardian Muhammad, Founder sekaligus Chief Executive Officer (CEO) GMD dari Cianjur Jawa Barat. GMD adalah organisasi anak muda yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat khususnya di bidang pendidikan. Hadir sejak tahun 2018, saat ini GMD memiliki kurang lebih 15.000 relawan dari 144 daerah dan 32 provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Menurut Gardian, pendirian GMD tak lepas dari pengalaman di lingkungan sekitar. Ia ingin agar semua orang sadar akan pentingnya pendidikan.”Program ini meningkatkan awareness kepada pendidikan,”turut pemuda yang baru saja lulus dari Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro Semarang, kepada radio Idola pagi (30/11) tadi.

Tahun ini, Gardian yang juga sebagai Ketua Umum Yayasan Generasi Sahabat Pendidikan mendapat apresiasi SATU Indonesia Awards 2023 tingkat Provinsi. Gardian juga pernah menjadi delegasi Indonesia untuk United Ambassadors Model United Nations (MUN) Conference di Markas Besar PBB, New York, Amerika Serikat. Selain itu, pernah menjadi Duta LAPOR Kemenpan-RB, sebuah aplikasi layanan lapor untuk masyarakat dan terpilih menjadi Ajudan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melalui program Jabar Future Leaders.

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Gardian Muhammad, founder sekaligus Chief Executive Officer GMD dari Cianjur Jawa Barat. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: