Mengenal Sekolah PAUD Karakter Pelangi Nusantara Semarang bersama Ibu Sri Kusmiyati

Suasana PAUD
Suasana Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Karakter Pelangi Nusantara Semarang. Anak-anak diajari 9 pilar karakter dari IHF.(Dok Sri)

Semarang, Idola 92.6 FM – Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Karakter Pelangi Nusantara Semarang dikelola oleh Yayasan Mutiara Pelangi Nusantara. Yayasan tersebut didirikan oleh Ibu Sri Kusmiyati (Ibu Wahyono).

PAUD yang didirikan Bapak Wahyono (alm) pada 2005 itu kini sudah tersebar di beberapa kota baik di Jawa Tengah ataupun Jawa Timur. Hingga kini, ada 13 sekolah PAUD yang dibina oleh Yayasan Mutiara Pelangi Nusantara, yakni di Salatiga, Wonosobo, Ungaran, Boyolali, Madura, dan Demak. Sekolah binaan Pelangi Nusantara di wilayah ini menggunakan modul Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK) dan 9 Pilar Karakter dari IHF (Indonesia Heritage Foundation).

Suasana PAUD
Sri Kusmiyati (Ibu Wahyono/kerudung merah) pendiri Yayasan Mutiara Pelangi Nusantara bersama tim guru dan anak-anak PAUD Karakter Pelangi Nusantara Semarang dalam sebuah kegiatan.(Dok Sri)

Sri Kusmiyati mengatakan awal mendirikan PAUD penuh tantangan. Karena baru berjalan beberapa saat, sebagian orang tua murid mengajak anaknya keluar. Alasannya karena anak tidak diajari menulis dan berhitung.”Orang tahunya baca tulis hitung. Akhirnya murid saya 20 jadi hanya 5 orang. Saya menanggapi santai saja, yang penting guru kita motivasi, kita jalan terus,”tutur Ibu Wahyono kepada radio Idola, pagi (09/08) tadi.

Suasana PAUD
Anak-anak PAUD Karakter Pelangi Nusantara Semarang memegang karyanya.(Dok Sri)

Sekolah yang sekarang berjalan sekira 18 tahun itu, kini punya puluhan murid. Bahkan Sri Kusmiyati juga mendirikan SD Karakter.

Selengkapnya, mengenal lebih jauh Sekolah PAUD Karakter Pelangi Nusantara Semarang, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Ibu Sri Kusmiyati, pendiri Yayasan Mutiara Pelangi Nusantara.(yes/her)

Simak podcast wawancaranya: