Merefleksi Hari Bhakti ke-63 Adhyaksa: Apa Upaya yang Mesti Dibenahi untuk Memulihkan Kepercayaan Publik pada Korps Kejaksaan?

Hari Bhakti ke-63 Adhyaksa
Ilustrasi/Istimewa

Semarang, Idola 92.6 FM – Harapan publik pada Korps Adhyaksa saat ini begitu tinggi. Kepercayaan dan harapan publik yang tinggi tersebut dinilai bisa menjadi modal sosial untuk meningkatkan pamornya dalam penegakan hukum.

Namun sayangnya, penilaian kinerja kejaksaan di mata publik masih belum optimal. Hal itu tecermin dari hasil Jajak Pendapat Kompas pertengahan Juli 2023.

Hari Bhakti ke-63 Adhyaksa yang jatuh pada 22 Juli 2023 mengusung tema “Penegakan Hukum yang Tegas dan Humanis mengawal Pembangunan Nasional”. Tema yang muncul dalam peringatan hari ulang tahun kejaksaan ini menunjukkan. Di satu sisi, komitmen kejakasan untuk serius menegakkan hukum untuk menjaga stabilitas demi mendukung pembangunan nasional.

Tapi di sisi lain, publik tampaknya masih menuntut keseriusan komitmen ini. Sebab, kinerja kejaksaan relatif masih belum optimal memuaskan publik.

Maka, merefleksi Hari Bhakti ke-63 Adhyaksa, apa upaya yang mesti dibenahi untuk memulihkan kepercayaan publik dan menjaga marwah kejaksaan?

Untuk memperoleh gambaran atas persoalan ini, radio Idola Semarang berdiskusi dengan narasumber, yakni Prof Hibnu Nugroho, Guru Besar Hukum Pidana Universitas Jendral Soedirman (Unsoed) Purwokerto. (her/yes/ao)

Simak podcast diskusinya: