Muhammad Atha KY, Pendiri Save Energy is Fun dari Tangerang Selatan

Muhammad Atha KY
Muhammad Atha KY, Pendiri Save Energy is Fun/Ashoka Young Changemaker 2023.(dok Atha)

Tangsel, Idola 92.6 FM – Di usianya yang masih remaja, sosok satu ini telah menggagas gerakan untuk meningkatkan kesadaran penghematan energi. Ia melakukan kampanye edukasi kreatif di sela-sela ia sekolah di MAN Insan Cendekia Serpong Tangerang Selatan Banten. Atas apa yang dikerjakan, ia dinobatkan sebagai Ashoka Young Changemaker 2023.

Sosok itu adalah Muhammad Atha KY, remaja 16 tahun, pendiri Sa-Fun (Save Energy is Fun dari Tangerang Selatan Banten. Pelajar kelas 11 SMA di MAN Insan Cendekia Serpong tersebut meningkatkan kesadaran penghematan energi melalui kampanye edukasi kreatif di sekolahnya.

Muhammad Atha KY
Muhammad Atha KY, Pendiri Save Energy is Fun/Pelajar MAN Insan Cendekia Serpong Tangerang Selatan Banten dengan kegiatannya.(Dok Atha)

Atha panggilan akrabnya, tergerak untuk mengajak teman-temannya dan orang-orang disekitarnya untuk menghemat energi. Sejak Oktober 2022, Atha melakukan ini. Dampaknya sudah kelihatan. Bahkan saat ini, ribuan siswa tergerak untuk mengikuti Sa-Fun. “Dari dampak yang udah kita lakuin, kita udah menjangkau tiga ribu siswa dari 7 sekolah sampai 4 provinsi berbeda untuk diedukasi secara langsung by person,”tutur Atha kepada radio Idola, pagi (18/12) tadi.

Muhammad Atha KY
Muhammad Atha KY, Pendiri Save Energy is menyatakan perlu komitmen dan konsisten untuk meningkatkan kesadaran penghematan energi.(Dok Atha)

Gerakan yang didukung penuh oleh kedua orang tuanya membuahkan hasil. Contoh di lingkungan sekolah. Jika dulu lampu dan AC menyala padahal ruangan kosong, sekarang tidak lagi. Selain hemat energi, juga hemat pengeluaran.

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Muhammad Atha KY, pendiri Sa-Fun dari Tangerang Selatan Banten. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: