Peduli Lingkungan, Ratusan Personel TNI/Polri Bersihkan Pantai Tirang

Sampah di kawasan Pantai Tirang
Ratusan personel TNI/Polri membersihkan sampah yang ada di kawasan Pantai Tirang, Kamis (13/7).

Semarang, Idola 92,6 FM – Ratusan personel TNI/Polri bersama elemen masyarakat bahu membahu membersihkan Pantai Tirang Kota Semarang, Kamis (13/7).

Sampah yang berserakan di sepanjang bibir pantai maupun di sekitar kawasan Pantai Tirang, dilakukan pembersihan secara menyeluruh.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan kawasan Pantai Tirang, saat ini sedang menjadi primadona bagi wisatawan lokal di Kota Semarang dan sekitarnya.

Namun, keberadaan sampah yang berserakan itu membuat obyek wisata alam tersebut tidak nyaman untuk dikunjungi wisatawan.

Kapolda menjelaskan, masih terkait rangkaian Hari Bhayangkara itu pihaknya mengerahkan seluruh personel dibantu prajurit Kodam IV/Diponegoro maupun elemen masyarakat lainnya bergerak membersihkan sampah di sekitar Pantai Tirang.

Sampah-sampah yang dibersihkan itu ternyata tidak hanya berasal dari limbah wisatawan saja, tapi merupakan sampah limbah dari tempat lain ikut terbawa arus air laut.

Menurut kapolda, sampah yang ditemukan itu berupa sampah plastik dan ada juga kain atau limbah rumah tangga.

“Atas inisiasi bapak kapolri, seluruh kepolisian hari ini melakukan pembersihan secara bersama-sama. Untuk di Jawa Tengah kita lakukan di tingkat polda sampai polsek, dan menjadi pemicu untuk mendidik masyarakat menjaga kebersihan khususnya di wilayah yang rawan banjir,” kata kapolda.

Lebih lanjut kapolda meminta kepada masyarakat atau wisatawan yang berkunjung ke Pantai Tirang, agar ikut menjaga dan merawat kebersihan lingkungan.

Sebab, Polda Jateng juga belum lama ini melakukan konservasi lingkungan dengan menanam mangrove untuk mencegah abrasi air laut.

“Kita coba hijaukan daerah ini sambil menjaga kelestariannya agar tidak abrasi. Polda dulu ada program Mageri Segoro, yang itu tujuannya untuk menjaga kelestarian alam di Pantai Tirang ini,” tandasnya. (Bud)