Pengusaha Jepara Sambut Baik Pemberian Gelar Ratu Kalinyamat Sebagai Pahlawan Nasional

Pengusaha muda asal Jepara, Witiarso Utomo

Semarang, Radio IDola 92,6 FM  – Pemerintah Indonesia memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada sejumlah tokoh yang berjasa bagi bangsa dan negara. Ada enam tokoh yang ditetapkan oleh Presiden Jokowi untuk diberikan gelar tersebut.

Salah satu tokoh yang akhirnya mendapatkan Gelar Pahlawan Nasional adalah Ratu Kalinyamat dari Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Penetapan gelar tersebut berlangsung hari ini Jumat 10 November 2023, bertepatan dengan Hari Pahlawan. Kelima tokoh lain yang ditetapkan ada Ida Dewa Agung Jambe dari Bali, Bataha Santiago dari Sulawesi Utara, M. Tabrani dari Jawa Timur, K.H Abdul Chalim dari Jawa Barat, dan K.H. Ahmad Hanafiah dari Lampung.

Pengusaha muda asal Jepara, Witiarso Utomo atau biasa disapa Mas Wiwit menyambut dengan gembira gelar pahlawan nasional yang diberikan kepada Ratu Kalinyamat. Pengakuan pemerintah pusat atas peran besar Ratu Kalinyamat telah dinantikan masyarakat Indonesia, khususnya Jepara.

Menurutnya, Ratu Kalinyamat adalah tokoh yang sangat inspiratif, yang menjadi cikal bakal sejarah peradaban dan berdirinya Kabupaten Jepara. Semangatnya dalam mengusir penjajah harus bisa dicontoh oleh generasi muda di Jepara untuk terus berkarya memajukan Jepara.

“Ini adalah kebanggan bagi warga Jepara. Ratu Kalinyamat menjadi sosok teladan yang patut ditiru. Semoga kita bisa meneruskan semangatnya untuk berkarya dan giat membangun untuk kemajuan Jepara,” kata Mas Wiwit.

Penganugerahan gelar Pahlawan Nasional bagi Ratu Kalinyamat diserahkan Presiden Jokowi kepada Pejabat Bupati Jepara Edy Supriyanta, di Istana Negara Jakarta.

Dengan adanya gelar pahlawan kepada Ratu Kalinyamat, makin memperkuat posisi Jepara sebagai daerah yang melahirkan Pahlawan Nasional. Sebelumnya ada dr. Cipto Mangunkusumo dan R.A Kartini.