PGN Raih 6 Kategori Penghargaan Loss Control Summit 2023

Penghargaan dari Pertamina
PGN meraih enam penghargaan dari Pertamina.

Semarang, Idola 92,6 FM – PGN membuktikan keandalannya, dalam pengoperasian infrastruktur gas bumi terkait pengelolaan gas losses.

Dalam mengalirkan gas bumi dari pemasok kepada pelanggan, realisasi jumlah volume dan keamanan yang terjadi telah sesuai dengan standar.

SVP Logistics Integration & Optimization Pertamina Arif Kurnia Risdianto mengatakan pencapaian PGN sepanjang Januari-September 2023, telah melebihi target yang ditetapkan. Hal itu disampaikan melalui siaran pers, kemarin.

Arif menjelaskan, PGN mendapatkan apresiasi besar dari Pertamina melalui ajang Loss Control Summit 2023.

Ajang tersebut merupakan wujud apresiasi Pertamina kepada seluruh Subholding, karena telah bekerja sama dalam mengendalikan angka supply loss dan mengupayakan efisiensi operasi guna menjaga kinerja operasional di seluruh lini operasi Pertamina.

“Seluruh kinerja operasional dan efisiensi terus dipastikan berjalan sesuai target untuk tercapainya operational excellence di seluruh Subholding,” kata Arif.

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama menambahkan, PGN berkomitmen untuk mendorong operational excellence dalam rangka mencapai target niaga gas, transportasi gas, Liquified Natural Gas (LNG) dan infrastruktur gas.

Oleh karena itu, PGN memberikan dukungan penuh atas penyelenggaraan Loss Control Summit 2023.

Rachmat menjelaskan, terjaganya angka gas losses menunjukkan bahwa penyaluran gas bumi kepada pelanggan di berbagai sektor tetap terjaga kehandalannya.

PGN turut berkontribusi terhadap penurunan tingkat emisi karbon, yang sejalan dengan komitmen Pertamina dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) 2060.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat dalam pengendalian kinerja operasional dan mengendalikan UAG atau discrepancy di seluruh wilayah operasi Subholding Gas,” ucap Rahmat.

Sementara itu enam penghargaan yang diraih PGN adalah kategori pertama Performance Gas Losses Management Terbaik Bidang Transmisi Gas Bumi yang diraih Operation East Java Area, TGI Grissik-Singapore dan Operation South Sumatera Area.

Kemudian kategori Performance Gas Losses Management Terbaik Bidang Distribusi Gas Bumi diraih Sales and Operations Region (SOR) II, SOR I dan SOR III.

Kategori lainnya adalah Performance Gas Losses Management Terbaik Bidang Jaringan Gas Rumah Tangga yang diraih Jaringan Gas Banyuasin, Jaringan Gas Pasuruan dan Jaringan Gas Cirebon.

Kategori berikutnya Performance Gas Losses Management Terbaik di Bidang Beyond Pipeline untuk PGN LNG Indonesia, Perta Arun Gas, dan Gagas Energi Indonesia Lampung.

Selanjutnya kategori Best Effort Pengendalian Gas Losses yang diberikan kepada Unit Kerja yang telah memberikan upaya terbaik dalam pengendalian dan perbaikan nilai UAG sepanjang tahun 2023 di Subholding Gas.

Terakhir, para perwira Subholding Gas Pertamina meraih penghargaan dalam kategori Insan Serah Terima Energi Terbaik Tahun 2023. (Bud)