PWI Siap Kawal Pemberitaan Pemilu Berkualitas dan Berimbang

PWI

Semarang, Idola 92,6 FM-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) siap mengawal pemberitaan tahapan Pemilu 2024, secara berimbang dan berkualitas.

Ketua Umum PWI Pusat Atal Sembiring Depari mengatakan PWI bertekad untuk terus menjadi garda terdepan, dalam menjaga integritas pers dan memastikan pemberitaan yang benar dan berimbang bagi masyarakat Indonesia. Hal itu dikatakan usai pembukaan Kongres XXV PWI 2023 di Bandung, kemarin.

Atal menjelaskan, kongres PWI sebagai tonggak sejarah bagi pers dalam menjunjung tinggi prinsip-prinsip kemerdekaan wartawan yang profesional dan demokratis.

“Kami akan menggunakan momentum ini untuk merancang masa depan pers Indonesia yang lebih baik dan lebih kontributif terhadap perjalanan demokrasi dan pembangunan di Indonesia,” kata Atal.

Sementara itu Presiden Joko Widodo yang hadir di Kongres XXV PWI 2023 menyatakan pentingnya wartawan dalam mengawal pemberitaan yang benar, otentik, berkualitas dan berimbang.

Presiden Jokowi menekankan, berita yang baik bukanlah berita semata-mata viral atau sensasional.

Sebab, hal tersebut dapat memicu penyebaran berita palsu atau hoaks.

Menurut laporan Kementerian Komunikasi dan Informatika, sudah ada sekira 11 ribu hoaks yang beredar di dunia digital.

“Berita yang baik itu bukan berita yang asal viral, bukan asal sensasional. Karena, itu justru memicu penyebaran bertebaran hoaks. Dari laporan Menkominfo, ada 11 ribu yang bertebaran di dunia digital,” ucap Jokowi.

Lebih lanjut Presiden Jokowi mendorong seluruh wartawan Indonesia, untuk tetap mematuhi Kode Etik Jurnalistik (KEJ)

KEJ merupakan panduan dalam menjalankan tugas wartawan dengan harapan agar profesionalisme tetap terjaga.

“Inilah nilai plus media dan pers. Ini kelebihan media dan pers, dibandingkan dengan citizen journalism. Sekali lagi, jangan terpancing bersaing karena viral, bersaing karena hoaks, jangan terpancing yang penting viral. Hal-hal seperti itu harus kita hindari,” tandasnya. (Bud)