SDN Sugihan 3 Tengaran Blusukan Demi Cari Siswa Baru

Seorang guru SDN Sugihan 3 Tengaran di Kabupaten Semarang membagi brosur PPDB 2023/2024 kepada warga hingga ke rumah dan kebun.

Semarang, Idola 92,6 FM – SDN Sugihan 3 di Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang harus rela blusukan, demi mendapatkan calon siswa baru di tahun ajaran 2023/2024.

Seluruh guru hingga kepala sekolah turun ke sawah hingga kebun warga, guna membagikan brosur Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPSB).

Kepala SDN Sugihan 3 Tengaran, Septina Ika Kadarsih mengatakan guna mendapatkan calon siswa baru itu pihaknya sengaja mendatangi warga di sawah maupun kebun di waktu jam kerja. Hal itu dikatakan saat ditemui di sekolah, belum lama ini.

Menurut Ika, pada tahun ajaran 2022/2023 kemarin itu sekolahnya sama sekali tidak mendapatkan siswa.

Ika menjelaskan, yang menjadi kendala mendapatkan siswa adalah jarak sekolah dengan rumah calon siswa baru.

Memang diakui, jika lokasi sekolah letaknya jauh dari permukiman warga dan melewati areal persawahan jika harus berangkat maupun pulang sekolah.

“Kami membagikan brosur kepada warga sekitar dari rumah ke rumah, sampai ke sawah dan kebun juga. Harapannya, mereka bisa memberitahu ke keluarga atau tetangga yang memiliki anak usia SD untuk masuk ke SD Sugihan 3. Memang alasan yang masuk, rata-rata karena jarak sekolah yang jauh,” kata Ika.

Lebih lanjut Ika menjelaskan, guna mendorong orang tua calon siswa mendaftarkan anaknya di SDN Sugihan 3 itu pihaknya memberikan semacam insentif.

Yakni menyediakan dua paket seragam, dan menyediakan mobil jemputan bagi siswa yang rumahnya cukup jauh.

“Kami juga telah melapor Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Semarang untuk membantu. Mudah-mudahan, sekolah kami tahun ini bisa mendapatkan siswa baru,” pungkasnya. (Bud)