Sudahkah Kesadaran Soal Emisi Karbon Ini Dipahami Secara Merata di Masyarakat?

Emisi Karbon
Ilustrasi/Istimewa

Semarang, Idola 92.6 FM – Memerangi krisis iklim merupakan tantangan bersama, tetapi tidak semua orang memiliki tanggung jawab yang sama. Satu persen penduduk terkaya di dunia atau sekitar 77 juta orang bertanggung jawab atas jumlah emisi karbon yang setara dengan dua pertiga penduduk termiskin di dunia atau sekitar 5 miliar orang.

Merujuk Kompas. Id (2111), analisis ini diterbitkan organisasi nirlaba Oxfam International pada Minggu 18 November kemarin. Menurut Max Lawson, salah satu penulis laporan tersebut meskipun memerangi krisis iklim merupakan tantangan bersama tidak semua orang memiliki tanggung jawab yang sama dan kebijakan pemerintah harus disesuaikan.

Menurut Lawson, semakin kaya seseorang, semakin mudah untuk mengurangi emisi pribadi dan investasi. Laporan tentang ”Kesetaraan Iklim: Planet untuk 99 Persen” ini didasarkan pada penelitian sebelumnya yang dilakukan Stockholm Environment Institute (SEI) dan data mengenai emisi konsumsi yang terkait dengan kelompok pendapatan berbeda hingga tahun 2019.

Maka, ketika emisi karbon 1 persen orang terkaya setara dua pertiga penduduk termiskin di dunia: Sudahkah kesadaran soal Emisi Karbon ini dipahami secara merata oleh Masyarakat kita? Apa upaya yang mesti segera ditempuh?

Untuk memperoleh gambaran atas persoalan ini, radio Idola Semarang berdiskusi dengan narasumber, Pakar Kehutanan dari fakultas kehutanan dan lingkungan IPB University, Prof. Hariadi Kartodihardjo. (her/yes/ao)

Simak podcast diskusinya: