2,1 Juta Penumpang Terlayani Sepanjang 2023 di Bandara Ahmad Yani

Boarding di Bandara
Sejumlah penumpang sedang melakukan boarding di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Semarang, Idola 92,6 FM-Sepanjang 2023 kemarin, PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang mampu mencatatkan prestasi lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

Bahkan, diakui jika sudah terjadi peningkatan penumpang setelah pandemi Covid-19 mereda dan tertangani dengan baik.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang Fajar Purwawidada mengatakan pergerakan penumpang saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 terjadi peningkatan sebanyak 10 persen dibanding tahun sebelumnya. Pernyataan itu dikatakan di sela penutupan Posko Natal dan Tahun Baru di Bandara Ahmad Yani, Kamis (4/1).

Fajar menjelaskan, peningkatan jumlah penumpang yang dilayani di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Semarang tidak lepas dari pemulihan kondisi setelah pandemi Covid-19.

Bahkan, pemulihan kondisi tersebut lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya.

Menurutnya, saat libur Natal 2023 terdapat 58 penerbangan yang melayani 7.500 penumpang yang datang maupun pergi dari Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Sedangkan saat libur Tahun Baru 2024 terdapat 46 penerbangan, dengan jumlah penumpang enam ribu orang.

“Selama 2023 ini untuk total penumpang yang dilayani di Bandara Ahmad Yani itu ada 2,1 juta penumpang. Jumlah itu di atas rencana kita yang hanya 1,8 juta penumpang. Artinya ada peningkatan sebanyak 11 persen dari yang kita targetkan,” kata Fajar.

Lebih lanjut Fajar menjelaskan, sepanjang libur Natal dan Tahun Baru kemarin terdapat 34 penerbangan tambahan yang disiapkan pihak maskapai dengan tujuan paling banyak menuju Jakarta.

Hal tersebut akan menjadi catatan pihaknya, dalam menyiapkan langkah berikutnya untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 2024.

“Ke depan kita siapkan strategi berikutnya nanti menghadapi libur mudik Idul Fitri 2024 yang mungkin 2-3 bulan lagi,” jelasnya.

Diketahui, sepanjang kegiatan operasi Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 tercatat ada 91.244 penumpang yang terlayani di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani dengan 742 pesawat terbang. (Bud)

Artikel sebelumnya2023, Ada 778 Ribu Sertifikat Tanah Diterbitkan
Artikel selanjutnyaPemprov Jateng Dukung Penerapan KTP dan KK untuk Pembelian LPG 3 Kg