Hari ini Jembatan Kali Babon Mulai Diperbaiki

Penampakan Jembatan Kali Babon
Penampakan Jembatan Kali Babon sebelum dilakukan perbaikan.

Semarang, Idola 92,6 FM-Mulai 7 Mei 2024, Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBJN) Jawa Tengah dan Yogyakarta melakukan perbaikan Jembatan Kali Babon yang berada di wilayah Kaligawe Kota Semarang.

Proses perbaikan dilakukan selama dua bulan, dan berpotensi memunculkan kemacetan di jalur lalu lintas Semarang-Demak.

Adapun tahap perbaikan dilakukan terlebih dahulu di jalur A atau Semarang arah Demak, dengan sistem 3-1 atau tiga jalur on dan satu jalur off.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BBPJN Jateng-DIY Wishnu Herlambang mengatakan jembatan Kali Babon kerap mengalami kerusakan, dan sering kali diperbaiki. Hal itu dikatakan saat ditemui di lokasi proyek pengerjaan perbaikan Jembatan Kali Babon, Senin (5/5).

Menurutnya, perbaikan kali ini akan menyasar pada oprit jembatan agar tidak terjadi kerusakan secara berulang.

Sementara, perbaikan akan selesai dalam kurun waktu dua bulan.

Wishnu menjelaskan, perbaikan oprit dilakukan mengganti aspal dengan beton agar lebih awet dan kuat.

Sebab, penggunaan aspal dengan kondisi jalan yang sering dilalui kendaraan berat membuat aspal sering mengelupas atau berlubang sehingga membahayakan pondasi jembatan.

“Jadi pelaksanaanya (perbaikan) terhadap oprit jembatan, kemudian dinding yang jebol dekat sambungan (jembatan). Maka catatan ini (perbaikan) dalam bentuk pemeliharaan lantai jembatan, hanya permukaanya saja atau jembatan tetap digunakan atau tidak dilakukan pembongkaran,” kata Wishnu.

Lebih lanjut Wishnu berharap, proses perbaikan Jembatan Kali Babon tanpa kendala berarti selama pengerjaan.

“Sesuai arahan Satlantas, nanti akan ada pergantian perbaikan dan jalur on off-nya. Pertama di jalur A (Semarang-Demak), terus jalur B (Demak ke Semarang). Perbaikan kemungkinan sampai awal atau pertengahan Juli,” pungkasnya. (Bud)