Integrasi Infrastruktur Gas Bumi Makin Efektif Berkat Transformasi Digital

PGN
Dua pegawai PGN melakukan pengecekan peralatan.

Semarang, Idola 92,6 FM-PGN berkomitmen untuk mengintegrasikan infrastruktur dan layanan gas bumi, guna meningkatkan pemanfaatan gas bumi di Indonesia.

PGN mengimplementasikan transformasi teknologi dan inovasi, agar upaya mencapai integrasi dapat lebih efisien.

Group Head Engineering and Technology PGN
Suseno mengatakan pihaknya meyakini bahwa pilar inovasi teknologi merupakan key success utama, dalam mencapai cita-cita perusahaan mengintegrasikan infrastruktur gas bumi. Pernyataan itu disampaikan lewat siaran pers, Rabu (29/5).

Menurutnya, PGN juga ingin menjawab dan merealisasikan aspirasi pemerintah untuk integrasi infrastruktur gas bumi antar pulau dan pipa transmisi serta beyond pipeline atau infrastruktur non pipa.

Dengan harapan, sumber gas bumi dalam negeri dapat terhubung ke konsumen pengguna gas.

Suseno menjelaskan, terobosan digital penting bagi PGN dalam menjaga rantai proses bisnis utama dari operasi sampai dengan pengelolaan pelanggan menjadi lebih cepat dan efisien.

Beberapa inovasi digital yang telah berhasil dikembangkan PGN misalnya Digio untuk pengelolaan aset, Sipgas sebagai manajemen pengaliran gas, IMOC untuk monitoring terintegrasi, PGN Partner, Rely On dan PGN Mobile untuk pengelolaan pelanggan.

“Kami terus berupaya untuk integrasi infrastruktur termasuk melakukan berbagai inovasi teknologi dan terobosan digital. Kami juga menyadari, pemerintah mengharapkan agar lebih efisien. Tentunya, transformasi digital merupakan upaya untuk mencapai level efisiensi yang optimal,” kata Suseno.

Lebih lanjut Suseno menjelaskan, PGN telah masif melakukan transformasi digital selama 10 tahun terakhir.

Ke depannya, PGN tetap memandang perlu untuk terus melakukan terobosan lanjutan lantaran tantangan industri cukup dinamis dan proses bisnis harus senantiasa efisien serta transparan.

“Perspektif digital leadership sangat penting dalam pengelolaan bisnis di era modern ini,” jelasnya.

Sementara di era Articifial Intelegent (AI) saat ini, PGN berhadap dapat secara proaktif dan kreatif mencari peluang adopsi teknologi dalam proses bisnis perusahaan.

Sebagai pemain utama pemanfaatan gas di Indonesia, teknologi yang terapkan PGN akan mampu menjawab tantangan dalam penyaluran gas dari berbagai potensi suplai dan memberi layanan yang optimal bagi seluruh pelanggan. (Bud)