Jateng-Korsel Perkuat Kerja Sama di Berbagai Bidang

Pj Gubernur Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM-Pemprov Jawa Tengah bersama Chungcheongbuk-do (CCBD) Korea Selatan, memerkuat kerja sama di berbagai bidang.

Kerja sama yang dibangun di sejumlah bidang, merupakan program sister province.

Pj Gubernur Nana Sudjana mengatakan kerja sama yang dibangun itu meliputi sektor pendidikan, ekonomi, informasi teknologi (IT), media, olahraga, pertanian dan reformasi birokrasi. Hal itu disampaikan saat ditemui di kantornya, baru-baru ini.

Nana menjelaskan, peningkatan kerja sama antara kedua provinsi dapat meningkatkan hubungan internasional antara Indonesia dengan Korea Selatan yang sudah berjalan baik.

Selain itu, kerja sama tersebut juga mampu meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) dan perekonomian masyarakat Jateng.

Menurutnya, kerja sama yang ditingkatkan pada sektor pendidikan meliputi peluang beasiswa level sarjana di Chungcheongbuk-do dan penyerapan lulusan SMA/SMK di perusahaan asal Korea Selatan.

Termasuk, peningkatan kompetensi sekolah vokasi di Jateng agar link and match dengan perusahaan

“Jadi kami menindaklanjuti peningkatan kerja sama sebagai sister province dengan Chungcheongbuk-do, Korea Selatan. Jadi dipersiapkan kurang lebih seribu beasiswa. Mereka bisa kuliah di sana sambil bekerja di perusahaan. Ini akan terus kami tindaklanjuti dan siapkan skemanya,” kata Nana.

Lebih lanjut Nana menjelaskan, untuk kerja sama sektor ekonomi di antaranya terkait ekspor sejumlah produk unggulan Jateng.

Beberapa komoditas ekspor unggulan Jateng di antaranya bahan baku kosmetik, batik, furnitur dan beberapa produk lainnya.

“Untuk investasi, Korsel ini menempati urutan kedua investor tertinggi yang ada di Jawa Tengah. Ini akan lebih kita tingkatkan lagi ekspornya. Kami akan banyak mengekspor produk seperti baju batik, furnitur dan produk-produk lain,” pungkasnya. (Bud)