Masyarakat Diimbau Waspada, Intensitas Hujan Berpotensi Tinggi Sepekan ke Depan

Rumah pompa
Salah satu rumah pompa yang ada di Kota Semarang untuk pengendalian banjir.

Semarang, Idola 92,6 FM-Imbauan bagi pemudik yang akan kembali ke Jabodetabek dan melintas di wilayah Jawa Tengah, agar waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Terutama, pada sepekan ke depan untuk mewaspadai adanya hujan dengan intensitas tinggi.

Pj Gubernur Nana Sudjana mengimbau kepada seluruh masyarakat, untuk tetap waspada terhadap kondisi cuaca selama sepekan ke depan. Hal itu dikatakan saat ditemui di sela pemantauan pergerakan arus balik di Gerbang Tol Kalikangkung, belum lama ini.

Nana menjelaskan, sesuai informasi dari BMKG menyebutkan jika dalam sepekan ke depan curah hujan masih akan turun dari sedang sampai tinggi.

Berdasarkan informasi tersebut, Pemprov Jateng sudah melakukan antisipasi termasuk seluruh peralatan yang dimiliki disiagakan agar dapat cepat digunakan saat kondisi mendesak.

“Meski demikian koordinasi dengan BNPB, BMKG, serta BPBD di seluruh daerah di Jawa Tengah terus dilakukan. Termasuk menyiapkan modifikasi cuaca apabila curah hujan sudah tinggi atau ekstrem,” kata Nana.

Lebih lanjut Nana menjelaskan, berdasarkan pantauan di Posko Lebaran 2024 selama Lebaran terpantau tidak kejadian bencana alam yang menonjol.

Data sementara menyebutkan, hanya ada dua kejadian rob dan 11 kejadian tanah longsor serta tujuh kejadian bencana lainnya.

“Total kerugian materiil ditaksir mencapai Rp80 juta,” pungkasnya. (Bud)