Mengenal Wisata Curug Cipeuteuy di Bantaragung Majalengka

Bambang Surya Atmaja
Bambang Surya Atmaja (Kang Ibenk), pengelola Wisata Curug Cipeuteuy di Bantaragung Kabupaten Majalengka Jawa Barat.(Foto; Ibenk)

Majalengka, Idola 92.6 FM – Sosok anak muda satu ini sepulang merantau tak tinggal diam melihat potensi wisata di lingkungannya. Ia kemudian, mengembangkan dan mengelola wisata curug yang dilengkapi sejumlah fasilitas.

Sosok itu adalah Bambang Surya Atmaja (32) pengelola wisata Curug Cipeuteuy di Bantaragung Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka Jawa Barat. Kang Ibenk panggilan akrab Bambang Surya Atmaja, mengembangkan wisata Curug Cipeuteuy. Ia mendesain sejumlah fasilitas di destinasi wisata tersebut.

Kepada radio Idola, Kang Ibenk menyampaikan, ia masuk setelah 4 tahun adanya Curug Cipeuteuy di lahan konservasi Taman Nasional Gunung Ciremai. Ia tergugah melakukan sesuatu agar keindahan curug makin dirasakan wisatawan. “Akhirnya saya masuk, berimprovisasi. Alhamdulillah…dapat output dan berubah secara drastis,”tutur Ibenk saat diwawancarai radio Idola, pagi (11/06) tadi.

Kolam Curug Cipeuteuy Majalengka
Pengunjung/wisatawan bisa berendam di kolam Curug Cipeuteuy Majalengka.(Foto; Ibenk)

Ibenk bercerita, ia membuat kolam-kolam untuk penampungan tumpahan air dari curug. Tak hanya itu, ia juga membuat bendungan, dan jembatan yang bisa dimanfaatkan wisatawan untuk berfoto ria.

“Saya impovisasi hanya 40 persen karena 60 persennya keindahan ciptaan Tuhan,”ungkap Ibenk.

Kunjungan penilaian juri pemuda pelopor bidang SDA Lingkungan dan Pariwisata dari KEMENPORA RI, pada 2019.(Foto: Ibenk)

Lalu siapa saja yang terlibat dalam pengembangan Curug Cipeuteuy? Apa manfaat yang dirasakan warga?

Selengkapnya, berikut ini wawancara bersama Bambang Surya Atmaja (Kang Ibenk),pengelola Wisata Curug Cipeuteuy di Bantaragung Kabupaten Majalengka. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: