Perusahaan Didorong Sediakan Fasilitas Kesejahteraan Bagi Pekerja

Sumarno
Sumarno, Sekda Jateng saat membuka dialog terkait kesejahteraan pekerja.

Semarang, Idola 92,6 FM-Setiap perusahaan di Jawa Tengah, didorong untuk menyediakan fasilitas kesejahteraan bagi pekerja.

Fasilitas kesejahteraan tersebut di antaranya tempat penitipan anak, ruang laktasi, parental, kebijakan cuti, fleksibiltas jam kerja dan sebagainya.

Sekda Sumarno mengatakan fasilitas kesejahteraan bagi pekerja yang harus dipenuhi perusahaan itu, dalam rangka meningkatkan akses dan kualitas pelayanan KB di perusahaan guna mendukung terwujudnya keluarga berkualitas. Pernyataan itu disampaikan usai membuka talk show tentang ‘Pekerja Produktif, Pekerja Bahagia dengan Fasilitas Kesejahteraan Pekerja’ di Hotel Harris Kota Semarang, pekan kemarin.

Menurut Sumarno, upaya pemenuhan kesejahteraan pekerja yang utama adalah masalah upah dan jaminan BPJS Kesehatan serta BPJS Ketenagakerjaan.

Sumarno menjelaskan, pemprov bersama BKKBN Jateng mendorong terciptanya kenyamanan bagi pekerja di lingkungan kerja.

Oleh karena itu penyediaan fasilitas kesejahteraan bagi pekerja dianggap penting, sehingga pekerja dapat produktif dan bahagia tanpa meninggalkan kewajiban sebagai orang tua.

“Fasilitas kesejahteraan pekerja lain yang perlu didorong penyedianya adalah fasilitas pelayanan keluarga berencana (KB) di perusahaan. Karena kesejahteraan pekerja tidak hanya tentang materi, tapi kedekatan dengan keluarga dan tahapan tumbuh kembang anak di bawah asuhan orang tua adalah salah satu kesejahteraan pekerja,” kata Sumarno.

Kepala Disnakertrans Jateng Ahmad Aziz menambahkan, komitmen memberikan kesejahteraan bagi pekerja juga dilakukan pemerintah lewat Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

Sosialisasi terus dilakukan baik pada pekerja maupun pemberi kerja, dengan demikian para pekerja memiliki tempat tinggal yang layak dan terjangkau.

“Ini butuh partisipasi dari para pemberi kerja (perusahaan), karena mereka-lah yang bisa mendorong para pekerja untuk masuk Tapera,” ucap Aziz. (Bud)