Spiegel, Cita Rasa Eropa Di Kota Lama

Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Amsterdam untuk menikmati jamuan dengan nuansa Eropa, anda cukup datang ke kota lama Semarang yang kini mulai dipenuhi dengan pilihan tempat makan yang semakin beragam. Salah satunya adalah Spiegel, sebuah Bar & Bistro yang berada tepat di seberang Gereja Blenduk – salah satu landmark bersejarah kota Semarang.

Spiegel 02

Spiegel didirikan tahun 1895 dan jika ditilik dari sisi historisnya, dulu ketika masa kolonial gedung ini berfungsi sebagai toko serba ada yang menjual berbagai macam peralatan rumah tangga, furniture, mesin ketik, dan lain sebagainya. Sementara sumber lain mengatakan, kalau toko ini sempat berfungsi sebagai restaurant, galeri seni, kantor yang menjual alat musik. Setelah era kemerdekaan gedung Spiegel ini sempat berfungsi sebagai tempat penyimpanan alat-alat berat hingga kemudian terbengkalai.

Spiegel 03

Spiegel diambil dari nama pemilik gedung ini, yaitu H. Spiegel. Spiegel sendiri merupakan kata dalam bahasa Jerman dan Belanda yang memiliki arti cermin. Melihat Spiegel bagaikan menengok kedalam cermin yang memantulkan refleksi Eropa, akan tetapi Spiegel tidaklah menawarkan nostalgia tempo dulu saat Belanda masih ada di Indonesia, melainkan menghadirkan kembali Eropa pada umumnya di Kota lama. Ini akan didapati saat anda melihat lebih seksama bagaimana bangunan tempat Spiegel berada yang berusia lebih dari 120 tahun namun jauh dari kesan kuno walau tetap klasik.

Spiegel 04

Selain menawarkan tempat yang asik buat sekedar ngopi-ngopi, Spiegel juga menyediakan bermacam jenis minuman yang bisa diracik secara personal. Selain juga menu ala barat seperti misalnya aneka steak dan pasta, dengan kisaran harga mulai dari Rp 45.000,- s/d Rp 150.000,- Jadi jika tujuan anda ingin menikmati wine atau beragam minuman sambil ngobrol–ngobrol tentang apa saja bersama teman maupun kolega dalam suasana romantis ala Eropa, tampaknya di sini cukup menjanjikan.

Spiegel 05

Bagi para penyuka fotografi atau anda yang sekedar ingin mengabadikan nuansa Eropa , setiap sudut Spiegel dapat menjadi wahana untuk ekspolrasi dan memuaskan rasa. Mulai dari meja, kursi, lampu, sampai pada dinding dan ornamen-ornamen yang terpasang dan terpajang .

Spiegel 06

Hal lain yang menarik dari Spiegel adalah hadirnya sebuah galeri seni di lantai 2 yang patut untuk dicermati. Spiegel bukan sekedar Bar & Bistro atau hanya tempat makan dan kumpul untuk bersosialisasi, Spiegel adalah tempat dimana kita bisa menikmani cita rasa Eropa di kawasan kota lama Semarang.

Spiegel 07

Jadi, saat berada di Semarang dan ingin menikmati suasana Eropa, Spiegel Bar & Bistro bisa menjadi tempat yang tepat untuk anda kunjungi. (Astin/Bimo)

- Advertisement -
LiteSpeed Web Server, Pure RAID 10 SSD Drives, DDoS Mitigation, CloudLinux, Free migration, Multiple PHP Versions. Innovative, cutting-edge and pioneering, Honest, caring and humble, Secure, fast and robust.