Bank Jateng Ingin BI Rate Turun Tiga Persen

Ilustrasi.

Semarang, Idola 92.6 FM – Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno meminta kepada Bank Indonesia (BI) untuk bisa menurunkan suku bunga acuannya.

Supriyatno menjelaskan suku bunga acuan minimal bisa turun di bawah lima persen sehingga akan diikuti perbankan lainnya.

“Mestinya BI Rate bisa turun dibawah lima persen. Kalau BI Rate bisa turun tiga persen saja maka dunia usaha akan bergeliat,” ujarnya di Semarang, Rabu (12/10).

Pihaknya mencontohkan, untuk mencoba menggeliatkan dunia usaha di Jawa Tengah, Bank Jateng mencoba membuat program unggulan yakni Mitra 02 dengan plafon kredit maksimal Rp2 juta untuk calon pelaku usaha.

“Program Mitra 02 ini sebagai alternatif bagi masyarakat yang akan memulai usaha baru, namun kreditnya tidak lebih dari Rp2 juta,” jelasnya.

Untuk percepatan penyaluran kredit Mitra 02 dengan pinjaman maksimal Rp 2 juta itu, pihaknya akan menggandeng penyuluh dan pendamping program Mitra 02.

Sementara Bank Jateng menargetkan, pada akhir 2016 ini pemberian kredit Mitra 02 bisa terealisasi hingga Rp50 miliar.

Optimisme itu merujuk karena pinjaman program Mitra 02 itu sangat mudah untuk diperoleh, karena tanpa agunan dan tanpa biaya administrasi. (Budi A/Diaz A/Heri CS)

Artikel sebelumnyaBI Sarankan BLT Gunakan Transaksi Non Tunai
Artikel selanjutnyaInvestor Pabrik Semen Jateng Bernilai Rp 54 triliun