BUMdes Istana Ponggok Klaten Mampu Hasilkan Rp 5 Miliar

Kantor Balai Desa Ponggok, Polanharjo, Klaten. (photo: timlo)

Semarang, Idola 92.6 FM – Kesuksesan warga Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah dalam mengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) mendapat apresiasi dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Dalam kunjungannya baru-baru ini, Ganjar mengatakan BUMDes Desa Ponggok yang mengelola wisata air bernama Istana Ponggok mampu menghasilkan pemasukan sebesar Rp 5 miliar.

“Saya mengapresiasi warga yang sukses mengelola BUMDes. Apalagi, ini sahamnya sebagian dimiliki masyarakat desa. Jadi, sebagian pendapatan dibagi ke masyarakat,” ucapnya.

Menurut Ganjar, dalam sehari wisata air Istana Ponggok bisa dikunjungi 600 wisatawan. Bahkan Kunjungan di akhir pekan bisa sampai 1.500 orang. “Kunjungan bisa 1.500 orang itu sangat luar biasa,” katanya.

Sehingga, kata dia, dari keberhasilan mengelola BUMDes itu sangat mampu meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

Keberhasilan BUMdes Ponggok itu bisa mejadi acuan untuk desa-desa lain untuk mendapatkan pemasukan yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakatnya.

Dikatakan Ganjar, bahwa setiap desa memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi sebuah sector industri kreatif, pariwisata dan lainya.

Pria berambut putih itu mencontohkan, selain di Kabupaten Klaten, BUMDes di Kabupaten Purbalingga juga ada yang berhasil mengembangkan sektor pertanian. Yakni unit usaha pertanian buah stroberi yang mampu menyetor pendapatan asli daerah hingga Rp 1 miliar. (Budi Aries/Diaz Abidin/Heri CS)

Artikel sebelumnyaKOSKOSAN (Kisah-Kisah Selingan) – Raja Ditampar
Artikel selanjutnyaTim Terpadu Pemantau Daging Sapi Perketat Pengawasan