Cegah Virus Zika, Bandara A Yani Terapkan Thermal Scan

Semarang, Idola 92.6 FM – PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang memperketat pengawasan penyebaran virus zika terhadap penumpang yang masuk di terminal penerbangan tersebut.

Meskipun belum ada laporan tentang virus zika di Indonesia, namun KKP Bandara Internasional A Yani memerketat pemeriksaan terhadap penumpang asal Singapura.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Internasional A Yani Semarang Priagung Adhi Bawono mengatakan, upaya pemeriksaan para penumpang asal Singapura yang masuk ke bandara dengan menggunakan Thermal Scan.

“Thermal Scan itu untuk memindai suhu tubuh para penumpang yang turun dari pesawat. Apabila diketahui ada penumpang dengan suhu tubuh di atas 38 derejat celcius, maka akan dilakukan observasi lanjutan,” terangnya di Semarang, Kamis (1/9).

Pengetatan pemeriksaan itu dilakukan karena di Singapura sudah ada laporan yang menyebut 41 warga terserang virus zika.

“Kami deteksi menyeluruh untuk memindai suhu tubuh secara masal. Jadi kalau kedapatan suhu tubuhnya ada yang lebih dari 38 derajat celcius, kami arahkan ke klinik untuk pemeriksaan awal,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Priagung menjelaskan, bila memang penumpang dengan suhu tubuh lebih dari 38 derajat celcius, maka petugas akan merujuk ke RSUP Dokter Kariadi untuk penanganan lebih lanjut.

Selain melakukan screening, lanjut Priagung, petugas juga membagikan health alert card kepada setiap penumpang. Yakni, kartu yang berisi peringatan dan informasi mengenai virus Zika. (Budi A/Diaz A/Heri CS)

Artikel sebelumnyaGanjar Minta Kab Kota Di Jateng Ramah Investasi
Artikel selanjutnyaPLN Jateng-DIY Kejar Elektrivikasi 100 Persen Sampai 2019