Kemensos Siapkan Santunan Korban Gempa Aceh Rp15 Juta

(Photo: Republika)

Jakarta, Idola 92,6 FM – Kementerian Sosial akan memberikan santunan terhadap korban gempa bumi berkekuatan 6,5 SR yang mengguncang di Kab Pidie Jaya, Provinsi Aceh, Rabu (7/12/16) pagi. Untuk korban meninggal, akan diberikan santunan kematian sebesar Rp15 juta per orang. Sementara korban luka maksimum Rp5 juta per orang.

“Sementara, untuk meringankan beban para korban Gempa, telah dibuatkan pula dapur umum lapangan (dumlap). Untuk satu dumlap bisa menyediakan hingga 750 porsi makanan,” kata Direktur Penanggulangan Bencana Kemensos RI, Adi Karyono dalam siaran persnya.

Pihaknya, kata Adi telah melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulang Bencana Daerah (BPPD) setempat agar dalam pelaksanaannya di lapangan terkoordinasi dengan baik.

Sementara itu, Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa siang ini akan bertolak ke Aceh untuk meninjau lokasi bencana. Ia menyampaikan rasa simpati kepada para korban gempa.

“Saya turut merasakan apa yang saudara-saudara kita di Aceh rasakan. Semoga tidak terjadi gempa susulan. Saya telah perintahkan tim segera gerak cepat,” tuturnya.

Diungkapkan, Pemerintah Daerah menjadi komandan untuk penanganan bencana. Sementara Kementerian Sosial mendukung dengan penyiapan logistik jika kondisi sudah darurat dan tidak lagi mampu ditangani daerah.

Apabila dalam kondisi darurat, bupati/wali kota dapat mengeluarkan SK darurat sehingga dapat dikeluarkan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) hingga 100 ton, gubernur dapat mengeluarkan hingga 200 ton selebihnya jika CBP tersebut telah digunakan maka di atas 200 ton dapat dikeluarkan oleh Mensos.

Seperti diketahui, Puluhan bangunan roboh akibat gempa bumi tektonik berkekuatan 6,5 skala ritcher (SR) yang mengguncang Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh Rabu (7/12/16) pagi. Sementara hingga pukul 10.00 WIB, beberapa stasiun televisi nasional melaporkan jumlah korban meninggal mencapai 20 orang lebih. (Diaz A)

Artikel sebelumnyaPuluhan Bangunan Ambruk, 20 Orang Meninggal Akibat Gempa Di Pidie Jaya Aceh
Artikel selanjutnyaHujan Lebat Tak Surutkan Long March Kawal Kendeng