Museum Ronggawarsito Fokus Perawatan Benda Koleksi Lama

Museum Rangga Warsita

Semarang, Idola 92.6 FM – Pengelola Museum Ronggawarsito di Jl Abdul Rahman Saleh, Semarang, Jawa Tengah, Steven Timisela mengungkapkan belum memiliki rencana menambah koleksi baru dan sedang berfokus melakukan perawatan terhadap barang-barang koleksi lama yang tersimpan.

“Yang terpenting adalah perawatan atau konservasi terhadap koleksi-koleksi itu agar tetap bisa dinikmati para generasi penerus,” katanya disela-sela pembukaan Pembukaan Internasional Museum Mart 2016, di Museum Ronggawarsito, Jumat (13/5).

Sampai saat ini, ungkap dia, tercatat Museum Ranggawarsita memiliki 59.784 koleksi yang tersimpan. Dari jumlah itu, koleksi terbanyak adalah berupa benda numismatik-heraldika yakni mata uang dan tanda pangkat yang berjumlah 44.961 buah.

Kemudian kategori etnografi sebanyak 6.803 dan koleksi benda-benda arkeologi berjumlah 5.211 unit. Sementara koleksi yang jumlahnya masih sedikit berupa kategori filologika, yaitu naskah atau manuskrip hanya 36 unit dan teknologika berupa mesin ketik kuno sebanyak 42 koleksi.

Menurutnya dengan jumlah yang ada itu, tahun ini pihaknya belum melakukan penambahan koleksi di museum. “Kami terus melakukan konservasi terhadap koleksi lama biar tetap awet. Karena, untuk koleksi yang berupa logam dan keramik butuh perawatan ekstra,” imbuhnya.

Sementara terkait asal-usul benda koleksi yang tersimpan, Steven menjelaskan bahwa ada koleksi yang merupakan hibah atau pemberian dan juga barang titipan dari pihak lain. (Budi Aries/Diaz Abidin/Heri CS)

Artikel sebelumnyaLulusan SD Dominasi Jumlah Pekerja Di Jawa Tengah
Artikel selanjutnyaRumah ‘Bandel’ Di Jl Jolotundo Akhirnya Diratakan