Semester I 2016, Aset Perbankan Jateng Naik 14,9 Persen

Semarang, Idola 92.6 FM – Kepala Kantor Regional III Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jawa Tengah-DIY Panca Hadi Suryatno mengatakan, pada semester pertama tahun ini di bulan Mei 2016 aset perbankan meningkat dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

“Aset perbankan per bulan Mei 2016 sebesar Rp 327,9 miliar. Nilai itu naik dari sebelumnya yang hanya Rp 285,4 miliar,” terangnya di Semarang, baru-baru ini.

Panca menjelaskan, pertumbuhan asetnya kini mencapai 14,90 persen. Sedangkan untuk penyaluran kredit, juga mengalami peningkatan pada bulan Mei 2016 sebesar Rp 239,5 miliar. Padahal sebelumnya, penyaluran kredit pada periode yang sama tahun 2015 hanya Rp 216,3 miliar.

“Kinerja perbankan di Jawa Tengah ini sangat berdampak positif. tetapi untuk sektor syariah itu yang perlu digenjot lagi agar kinerjanya naik sama dengan tahun sebelumnya,” ujarnya.

Meski mengalami peningkatan pada sektor aset dan penyaluran kredit perbankan, lanjut Panca, angka kredit macet atau Non Performing Loan (NPL) juga perlu diwaspadai karena ikut mengalami kenaikan.

Menurut Panca, saat ini angka NPL di Jawa Tengah mencapai 3,77 persen lebih tinggi dibanding sebelumnya yang hanya 3,12 persen. (Budi A/Diaz A/Heri CS)

Artikel sebelumnyaOpini: Membaca Turki, Teringat Nazi
Artikel selanjutnyaKejati Jateng: Berkas Korupsi KONI Pati Belum Lengkap
Editor In Chief Radio Idola Semarang.