Suplai Listrik Di Karimunjawa Masih Andalkan PLTD

Semarang, Idola 92.6 FM – PT PLN Distribusi Jateng-DIY masih mengandalkan Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD) untuk menyuplai listrik di Kepulauan Karimunjawa, Kab Jepara, Jawa Tengah.

Hal itu dilakukan karena pengembangan teknologi energi listrik di Kepulauan Karimunjawa yang semula akan menggunakan kabel bawah laut, belum bisa direalisasikan.

Deputi Manager Komunikasi dan Bina Lingkungan Hardian Sakti Laksana di Semarang, Senin (31/10/2016) mengatakan, untuk saat ini suplai energi listrik di Karimunjawa kapasitasnya bisa mencapai 2,5 MW (megawatt).

Namun, lanjutnya, kebutuhan listrik di Karimunjawa hanya 0,5 MW saja. Sehingga, pasokannya masih sangat memadai, terutama jika berdiri hotel-hotel baru di Karimunjawa.

”Sebelumnya hanya menyala selama enam jam saja, sekarang sudah 24 jam penuh. Memang yang paling berat di bahan bakunya yang menggunakan solar untuk menggerakkan PLTD,” kata Hardian.

Dengan masih tersedianya kapasitas energi listrik di Karimunjawa, Ia yakin wilayah terluar di Kabupaten Jepara tersebut akan terus berkembang.

PLN juga tidak khawatir, dengan tumbuhnya hotel baru di Karimunjawa tidak akan mengganggu pasokan listrik. (Budi A/R7/Diaz A)

Artikel sebelumnyaPotensi Bagus, Kopi Muria Bisa “Go International”
Artikel selanjutnyaTekan Inflasi Dengan Gerakan Tanam Sayuran Di Pekarangan
Editor In Chief Radio Idola Semarang.