TPID: Agar Efektif, Operasi Pasar Harus Serentak

Iskandar Simorangkir, Wakil Ketua TPID Jawa Tengah. (photo: istimewa)

Semarang, Idola 92.6 FM – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Jawa Tengah menyarankan agar setiap daerah bisa menggelar operasi pasar murah secara serentak menjelang musim lebaran 2016.

“Bayangkan saja kalau setiap daerah menggelar operasi pasar murah sendiri-sendiri, tentu beban anggarannya lebih besar. Kalau bisa dilakukan serentak,” kata Wakil Ketua TPID Jawa Tengah Iskandar Simorangkir di Semarang, Rabu (25/5).

Hal itu dikatakanya agar manfaat dapat dirasakan secara efektif, baik dari sisi anggaran daerah atau bagi masyarakatnya sendiri.

Dia menambahkan, operasi pasar disetiap kabupaten dan kota di Jawa Tengah akan meringankan warga kurang mampu untuk membeli kebutuhan pokok menjelang hari raya.

Namun, Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Jawa Tengah itu menjelaskan, operasi pasar murah untuk kali ini bisa dilakukan bergiliran di 35 kabupaten dan kota di provinsi ini.

Pemilihan lokasi operasi pasar murah ditentukan berdasarkan lonjakan kenaikan harga komoditas ataupun karena jumlah warga kurang mampu di daerah tertentu. (Budi Aries/Diaz Abidin/Heri CS)

Artikel sebelumnyaGanjar Pastikan Harga Daging Sapi Dibawah Rp 80 ribu
Artikel selanjutnyaMusim Lebaran, Tol Bawen-Salatiga Siap Digunakan Pemudik