Bahasa Jawa Dipakai sebagai Penyampai Informasi di Bandara Ahmad Yani Semarang

Semarang, Idola 92.6 FM – Bahasa Jawa kini dipakai sebegai penyampai informasi di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. Kepala Pelayanan Umum PT. Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang M. Dimyati mengatakan, penggunaan Bahasa Jawa dalam sebuah pengumuman penerbangan di bandara, biasanya yang dipakai adalah Bahasa Indonesia atau bahasa internasional, yaitu Bahasa Inggris.

“Penggunaan bahasa lokal di bandara masih di Pulau Jawa. Tujuan menggunakan bahasa lokal di bandara, agar pengguna atau calon penumpang bisa memeroleh informasi tentang jadwal penerbangan pesawat yang akan ditumpanginya,” kata Dimyati, Senin (4/12/2017).

Menurut Dimyati, selain itu, penerapan bahasa Jawa juga bertujuan melestarikan dan memunculkan kecintaan terhadap bahasa daerah bagi anak-anak muda.

“Bahasa daerah sekarang yang dipakai sebagai pengumuman di Bandara Ahmad Yani, sebelumnya sudah melalui proses editing dan evaluasi dari Dinas Pendidikan setempat. Penggunaan bahasa daerah ini sesuai dengan perintah dari direksi,” kata Dimyati. Penggunaan Bahasa Jawa, mulai diberlakukan pada 22 November 2017.

Dimyati menjelaskan, selama sepekan ini penggunaan Bahasa Jawa di bandara mendapat respons positif dari para calon penumpang. Para calon penumpang mengapresiasi penggunaan Bahasa Jawa dan merasa terbantu. (bud/her)

Artikel sebelumnyaJelang Momentum Tahun Politik, Mungkinkah Memisahkan Politik Dan Bisnis?
Artikel selanjutnyaASITA Jateng: Wisata Syariah di Jateng Layak Dikembangkan