Bandara Ahmad Yani Siap Tampung Lonjakan Penumpang Akhir Tahun

Semarang, Idola 92.6 FM – Sejak 18 Desember 2017, Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang membuka posko Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Posko kemanusiaan itu akan buka hingga 8 Januari 2018.

Posko tersebut terdiri dari 166 personel yang berjaga setiap hari. Petugas yang bersiaga di bandara tidak hanya mengatur soal jadwal kedatangan dan keberangkatan pesawat saja, melainkan juga antisipasi kerawanan kemacetan di tempat parkir dan juga akses menuju dan dari bandara.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang Maryanto mengatakan terkait dengan lonjakan penumpang di masa liburan akhir tahun, pihaknya telah melakukan langkah antisipasi. Prediksinya, puncak musim liburan akhir tahun ini akan terjadi pada 30-31 Desember 2017. Sedangkan masa puncak arus balik, diperkirakan akan terjadi pada 6-7 Januari 2018.

“Estimasi penumpang rerata mencapai 14 ribu orang per hari,” kata Maryanto.

Pada musim liburan akhir tahun yang memasuki musim hujan, jelas Maryanto, pihaknya juga perlu antisipasi adanya genangan air hujan di sekitar landasan pacu.

Menurutnya, perlu ada langkah khusus untuk mengatasi genangan air hujan. Karena, genangan air dikhawatirkan menjadi gangguan bagi pesawat yang mendarat atau akan lepas landas. Sehingga, diperlukan adanya penanganan terhadap genangan air hujan tersebut.

“Kami sudah siapkan tim teknis yang standby 24 jam kalau tejadi genangan air di sekitar landas pacu. Total pompa ada 47 unit yang kami siapkan, 13 di antaranya berada di runway 13,” ujarnya.

Sementara itu, berkaitan dengan extra flight atau penambahan jadwal penerbangan sudah ada yang mengajukan.

Maskapai penerbangan yang mengajukan penambahan jadwal penerbangan, biasanya merupakan pesawat dengan rute favorit dari Semarang atau dengan tujuan Semarang.

General Manager Air Navigation Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang Yudi Nur Dinuri mengatakan saat ini yang sudah mengajukan penambahan jadwal penerbangan di libur akhir tahun, baru ada dua maskapai penerbangan saja. Keduanya adalah maskapai penerbangan Sriwijaya Air dan Citilink.

Maskapai Sriwijaya Air mengajukan penambahan jadwal penerbangan untuk rute perjalanan Semarang-Ujung Pandang PP. Sedangkan untuk Citilink, penambahan jadwal penerbangannya untuk Jakarta-Semarang PP.

Menurut Yudi, maskapai yang sudah mengoperasionalkan penambahan jadwal penerbangan di liburan akhir tahun ini baru Sriwijaya Air.

“Pada pergerakan musim liburan Natal dan Tahun Baru di Bandara Ahmad Yani, sampai dengan saat ini masih normal. Memang baru ada dua dua maskapai yang sudah mengajukan penambahan jadwal penerbangan ke kita, yaitu Sriwijaya Air dan Citilink,” kata Yudi.

Lebih lanjut Yudi menjelaskan, untuk menunjang keselamatan penerbangan di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, pihaknya menjalin kerja sama dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk memantau pergerakan cuaca. Apabila cuaca di sekitar Kota Semarang dan bandara cenderung ekstrim, maka pihaknya akan mengeluarkan Notice To Airmen (NOTAM). (Bud)

Artikel sebelumnyaAgen Elpiji Disiapkan 24 jam Layani Masyarakat Selama Libur Akhir Tahun
Artikel selanjutnyaMengelola Urbanisasi Untuk Kota Berkelanjutan

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini