Bawaslu: Kami Terjunkan Tim Telusuri Dugaan Politiik Uang di Pati

Semarang, 92.6 FM-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah langsung mengambil tindakan, terhadap terhadap laporan dugaan politik uang di Kabupaten Pati. Hal itu menindaklanjuti penyelidikan dari Panwaslu Pati, yang sudah menerima laporan dari masyarakat.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Jateng Teguh Purnomo mengatakan, pihaknya sudah membentuk tim khusus yang akan menindaklanjuti laporan dugaan politik uang di Kabupaten Pati. Tim khusus itu akan dipimpin langsung dirinya, dan bergerak pada Rabu (15/2).

Dirinya berharap, saat bergerak langsung ke bawah di Kabupaten Pati bisa dilakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap pemberi uang kepada masyarakat pemilih. Hanya saja, jelas Teguh, pihaknya tetap memberdayakan sentra Gakumdu Kabupaten Pati yang terdiri dari panwas, kepolisian dan kejaksaan. Sehingga, pengawasan terhadap dugaan politik uang di Kabupaten Pati benar-benar menjadi perhatian serius.

“Saya akan pimpin langsung tim itu yang turun ke Pati. Kalau memang di lapangan ada temuan dugaan politik uang, langsung kita amankan,” kata Teguh kepada Radio Idola, Selasa (14/2).

Namun demikian, lanjut mantan ketua KPU Kebumen itu, jajaran panwas dan panwascam di Kabupaten Pati diminta proaktif terhadap laporan dugaan politik uang dari masyarakat. Sehingga, proses pemberdayaan demokrasi masyarakat untuk memerangi politik uang bisa berjalan.

Sementara itu, selain laporan dugaan politiik uang di Kabupaten Pati, juga ada laporan dugaan politik uang di Kabupaten Banjarnegara. (Bud)

Artikel sebelumnyaKPU: Ada Aplikasi Situng, Masyarakat Bisa Lihat Perolehan Suara Pilkada
Artikel selanjutnyaPLN Jamin Tidak Ada Pemadaman Listrik Saat Pilkada