BI Pantau Kebutuhan Uang di Perbankan, Pascakerusakan Sistem Satelit Telkom-1

Magelang, 92.6 FM-Pelaksana tugas Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah Rahmat Dwisaputra mengatakan pihaknya bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sudah berkoordinasi dengan instansi terkait dalam rangka pemulihan layanan dari bank yang terganggu akibat satelit milik Telkom-1 mengalami gangguan. Koordinasi itu meliputi langkah pemulihan dan antisipasi, untuk mendukung kelancaran kegiatan sistem pembayaran di masyarakat.

Menurut Rahmat, pihaknya tetap melakukan monitoring pelaksanaan pemulihan, agar kebutuhan masyarakat tidak terganggu. Meski begitu, ia juga meminta masyarakat tidak perlu panik dan khawatir karena dalam waktu dekat sistem perbankan akan normal kembali.

Rahmat menjelaskan, untuk di Jawa Tengah empat bank yang terdampak itu mengakibatkan 5-6 persen dari 447 mesin anjungan tunai mandiri (ATM) tidak bisa berfungsi. Namun dengan jaringan bersama masyarakat tetap bisa melakukan transaksi atau tarik tunai.

“Kita sudah konsolidasi dengan beberapa perbankan yang mengalami kerusakan. Dengan OJK juga sudah berkoordinasi. Artinya, gak perlu panik masyarakat. Karena apa, tidak semua mesin ATM mengalami kerusakan, hanya 5-6 persen dari seluruh mesin ATM yang ada,” kata Rahmat.

Terpisah, melalui siaran persnya, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja menyatakan, pihaknya bekerjasama dengan operator penyedia jasa komunikasi masih terus melakukan upaya recovery. Diharapkan, layanan mesin ATM BCA bisa segera beroperasi normal kembali. Untuk memberikan pelayanan kepada nasabah, pihaknya memberi solusi transaksi menggunakan Debit BCA, BCA mobile dan juga klikBCA. (Bud)

Artikel sebelumnyaKimia Yasa Bantah Elpiji GasPluz Produk Ilegal Karena Punya Izin Edar Dari Ditjen Migas
Artikel selanjutnyaREI Jateng Sebut Perbankan Semakin Intens Salurkan Kredit Properti Kepada Masyarakat

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini