Ditlantas Polda Jateng Catat 160 Titik Rawan Macet Saat Arus Mudik Lebaran 2017

Semarang, 92.6 FM-Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah Kombes Pol. Bakharudin mengatakan, pada arus mudik dan balik Lebaran tahun ini pihaknya akan berupaya maksimal. Hal itu dilakukan, agar tidak terjadi kemacetan parah di Jawa Tengah saat arus mudik Lebaran 2017 nanti.

Menurutnya, kejadian kemacetan panjang di tol Brebes Exit Timur menjadi pelajaran berharga pada tahun ini. Sehingga, jajaran kepolisan di Jawa Tengah sejak jauh hari mulai melakukan persiapan untuk mengantisipasi kemacetan yang akan terjadi.

Bakharuddin menjelaskan, di Jawa Tengah setidaknya ada 160 titik rawan kemacetan saat mudik Lebaran 2017 nanti. Sedangkan 106 titik lainnya dianggap rawan kecelakaan, sehingga perlu diantisipasi.

Pada tahun kemarin, lanjutnya, kemacetan terparah ada di pntu keluar tol Brebes Exit Timur. Hal itu terjadi, karena banyak masyarakat yang masih beranggapan bahwa jala tol sebagai jalur ideal. Sehingga, untuk melakukan perjalanan jalan tol dianggap jalur bebas hambatan. Kondisi itu membuat jalan tol dipadati pemudik, hingga terjadi penumpukan kendaraan dan mengakibatkan macet.

“Kami mulai dipetakan solusi persoalannya sebelum masuk masa arus mudik Lebaran tahun ini. Bila berkaitan dengan kondisi jalan, akan kami sampaikan kepada instansi yang berwenang,” kata Bakharuddin.

Lebih lanjut Bakharuddin menjelaskan, tentang kondisi jalan yang dianggap belum layak dilewati tentu akan mendapat kewaspadaan ekstra. Namun, jika mengenai kekurangan rambu lalu lintas atau tidak adanya lampu penerangan pihaknya akan mengupayakan ke dinas terkait agar segera dipasang. (Bud)

Artikel sebelumnyaHendi: Wilayah Genuk Akan Terus Dikembangkan Biar Masyarakatnya Ikut Bergerak
Artikel selanjutnyaRefleksi 19 Tahun Reformasi, Sudahkah Sesuai Harapan?

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini