KAI Layani Penjualan Tiket Mudik Lebaran 2017 Mulai 17 Maret Besok

Semarang, 92.6 FM-PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai membuka penjualan tiket KA Lebaran 2017, mulai 17 Maret 2017. Masyarakat sejak jauh hari sudah bisa melakukan pembelian tiket KA Lebaran, meski masih tiga bulan lagi.

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang Edy Kuswoyo mengatakan, PT KAI telah lama memberlakukan sistem pemesanan tiket KA 90 hari sebelum keberangkatan. Kebijakan itu diberlakukan sejak Maret 2012, dan bertujuan agar penumpang bisa memersiapkan perjalanan jauh hari sebelum keberangkatan.

Menurut Edy, penjualan tiket KA Lebaran tahun ini dibuka per 17 Maret 2017 mulai pukul 00.01 WIB. Tanggal pemesanan itu, berlaku untuk keberangkatan pada 15
Juni 2017 atau H-10. Sementara, untuk keberangkatan H-9 bisa dibeli pada 18 Maret 2017 dan seterusnya.

“Kami prediksikan, tanggal favorit untuk arus mudik Lebaran dimulai pada H-5 atau keberangkatan tanggal 20 Juni 2017. Sedangkan untuk arus balik dimulai pada H+2, atau keberangkatan pada tanggal 28 Juni 2017,” kata Edy dikutip dari rilis yang diterima Radio Idola melalui pesan WhatsApp, Selasa (14/3).

Edy menjelaskan, sudah menjadi kebiasaan jika penjualan tiket KA Lebaran dibuka, maka langsung diserbu pemesan. Oleh karena itu, bagi calon penumpang yang ingin membeli tiket mudik dengan moda transportasi kereta api, diharapkan sudah memersiapkan hari keberangkatan untuk mudik maupun balik.

Dengan demikian, calon penumpang tidak kehabisan tiket untuk tanggal keberangkatan yang diinginkan. Masyarakat bisa memesan tiket yang diinginkan, melalui sistem online di website resmi kereta api (tiket.kereta-api.co.id), aplikasi KAI Access pada gawai dan Call Center KAI 121.

Sementara, lanjut Edy, masyarakat juga bisa memesan tiket KA di channel eksternal lainnya, misalnya Indomaret, Alfamart dan Pos Indonesia. Penjulan tiket KA juga bisa dilayani di stasiun online PT KAI, yakni Stasiun Tegal, Pemalang, Weleri, Semarang Poncol, Semarang Tawang, Ngrombo, Jambon, Kradenan, Doplang, Randublatung dan Cepu. Untuk pemesanan di stasiun online, hanya bisa dilayani mulai jam 09.00-16.00 WIB setiap harinya.

“Untuk kenyamanan pengguna jasa KA, kami mengimbau, agar hindari membeli tiket dari jasa perorangan yang akan merugikan konsumen. Pastikan reservasi melalui agen atau chanel-chanel resmi yang bekerjasama dengan PT KAI,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaKAMMI Minta Ganjar Klarifikasi Kasus Dugaan Korupsi KTP Elektronik
Artikel selanjutnyaPeradi: Bupati/Wali Kota Tak Mau Tambal Jalan Rusak Bisa Kena Sanksi Sosial Dari Masyarakat

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini