Mentan Apresiasi Pemprov Jateng Mampu Jaga Kestabilan Pangan Sebagai Lumbung Pangan Nasional

Semarang, 92.6 FM-Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengapresiasi kinerja dan capaian yang sudah dilakukan Pemprov Jawa Tengah, dalam hal menjaga produktivitas pangan. Mulai dari bawang merah, beras dan jagung, Sehingga, Jawa Tengah masih menjadi tulang punggung lumbung pangan nasional. Pernyataan itu dikatakan Mentan Andi Amran Sulaiman, ketika membuka peringatan Hari Tani Nasional 2017, di halaman kantor gubernuran, Sabtu (23/9) pagi.

Menurut Amran, apa yang sudah dilakukan Pemprov Jateng perlu mendapat apresiasi. Terlebih lagi, bawang merah asal Jawa Tengah sekarang sudah bisa diekspor. Artinya, pasokan bawang merah Jawa Tengah cukup melimpah. Hal itu berjalan lurus, dengan grand design menjadikan Indonesia sebagai Lumbung Pangan Dunia pada 2045 mendatang.

“Hari Tani 2017 ini membuahkan hasil bagus bagi Jawa Tengah. Bawang merah asal Jawa Tengah sekarang sudah bisa diekspor. Bahkan, swasembada beras dan jagung juga masih terus dijaga. Ini adalah dasar yang sangat bagus, artinya kalau kita bisa maka kita mampu dan Jawa Tengah mampu menjaga sebagai lumbung pangan nasional,” kata Amran Sulaiman.

Guna mewujudkan Indonesia Lumbung Pangan Dunia di 2045, lanjut Andi Amran Sulaiman, maka pihaknya akan meningkatkan produksi pertanian di 11 komoditas pangan strategis. Di antaranya adalah bawang putih, beras, jagung dan cabai.

Pihaknya hingga 2021 nanti juga akan menargetkan swasembada pangan, dengan peningkatan produksi di atas lima persen. Sehingga, tidak ada lagi pangan yang harus impor untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. (Bud)

Artikel sebelumnyaPangdam: Kawasan Militer Tranning Center Tembalang Dikembangkan Jadi Kawah Candradimuka Bagi Prajurit AD Asah Kemampuan
Artikel selanjutnyaPangdam: Seluruh Jajaran Saya Minta Gandeng Sekolah Dan Pesantren Untuk Nobar Film G30S/PKI