100 Agenda Wisata Siap Jadi Magnet Bagi Wisman ke Jateng

Semarang, Idola 92.6 FM – Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Jawa Tengah akan menetapkan 100 agenda wisata unggulan pada akhir tahun ini.

Kepala Bidang Pemasaran Dinporapar Jateng Alamsyah mengatakan saat ini, ada enam agenda wisata Jateng yang sudah masuk di 100 Wonderful Event 2018 milik Kementerian Pariwisata.

Alamsyah menjelaskan, keenam agenda wisata itu adalah Dieng Culture Festival, Festival Cheng Ho, Solo International Performing Arts, Festival Lima Gunung, Borobudur Marathon dan Festival Payung Indonesia.

Menurutnya, agar kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) juga meningkat, akan menetapkan 100 agenda wisata sejajar dengan agenda wisata Kemenpar. Sehingga, target wisman pada tahun ini bisa tercapai.

“Mudah-mudahan, di tahun 2019 kita upayakan naik dua kali lipat menjadi sekitar 15 event wisata di Jawa Tengah yang bisa masuk di Wonderful Indonesia eventnya Kemenpar. Event itu sendiri, sangat berpengaruh signifikan terhadap kunjungan wisatawan di Jawa Tengah. Sebetulnya, kami sendiri nanti di akhir tahun akan menetapkan sama 100 Wonderful Jawa Tengah. Nanti ada tim kurasi. Jadi, kalau di total itu hampir sekitar 200an event, tapi kami akan ambil 100 event saja,” kata Alamsyah belum lama ini.

Alamsyah lebih lanjut menjelaskan, pada tahun ini ditargetkan jumlah kunjungan wisman ke Jateng bisa menembus angka sejuta orang naik dibanding tahun sebelumnya yang hanya 780 ribu orang.

“Sampai 2019 nanti kan target Kemenpar yang ditetapkan dua juta wisatawan mancanegara, dan Jawa Tengah dibebankan 1,2 juta wisatawan mancanegara. Mudah-mudahan bisa tercapai,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaPemprov Jateng Siapkan Perda Untuk Obligasi Daerah
Artikel selanjutnyaDinkes Jateng Gandeng Toga dan Tomas Sukseskan Imunisasi Rutin
Wartawan senior Radio Idola Semarang.