Pemprov Jateng Siapkan Perda Untuk Obligasi Daerah

Semarang, Idola 92.6 FM – Pemprov Jawa Tengah siap menerbitkan obligasi daerah, dan akan segera dibuatkan peraturan daerah. Pemprov juga akan menyusun pilihan pembangunan yang bisa dibiayai dengan obligasi daerah.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan ada banyak sektor ekononi yang bisa ditumbuhkan, untuk mendukung pembangunan di provinsi ini.

Menurutnya, untuk mengungkit sektor ekonomi di Jateng dan mendorong pertumbuhan daerah, maka model-model pengelolaan keuangan bisa mencari sumber pendanaan non-APBD. Misalnya dengan pinjam bank atau penerbitan obligasi daerah.

Ganjar menyebut, untuk penerbitan obligasi daerah akan dihitung keuntungan yang didapat setara dengan pertumbuhan ekonomi atau tidak. Sehingga, semuanya dihitung secara hati-hati karena menyangkut hutang yang harus dibayar.

“Banyak potensi ekonomi yang mesti ditumbuhkan. Ada satu harapan yang bisa diberikan kepada daerah, dari model-model pengelolaan keuangan dan pencarian sumber anggaran non-APBD. Jadi, bisa dibicarakan pola-pola pembiayaan dengan pinjam bank atau model menerbitkan obligasi daerah juga boleh,” kata Ganjar belum lama ini.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, untuk menyusun perda tentang obligasi daerah itu, pemprov akan berkoordinasi dan didampingi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Karena, penyusunan perda tentang obligasi daerah juga sudah mendapat lampu hijau dari dewan. (Bud)

Artikel sebelumnyaApa Langkah Nyata untuk Merespons Perubahan Iklim?
Artikel selanjutnya100 Agenda Wisata Siap Jadi Magnet Bagi Wisman ke Jateng
Wartawan senior Radio Idola Semarang.